Bagaimana Memahami Pembuatan Studi Kelayakan?

Dalam sebuah bisnis, jika ingin menjalankannya, perlu ada riset dan pembelajaran yang mendalam mengenai bisnis tersebut. Hal tersebut dinamakan studi kelayakan bisnis (SKB). Studi kelayakan usaha atau bisnis ini dapat membuat para pebisnis mengetahui cara memulai bisnis seperti apa termasuk mengetahui tipe kustomer.

 

Menjalankan proyek besar dan rumit yang memiliki potensi dampak besar pada organisasi dapat menjadi hal yang krusial karena jika salah mengambil tindakan, maka pasti akan sangat merugikan perusahaan. Di situlah jasa studi kelayakan bisnis berperan.

 

Studi ini bisa dilakukan dengan menjawab dua pertanyaan:

 

Apakah tim kita memiliki alat atau sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek ini?

Adakah keuntungan investasi yang cukup tinggi untuk membuat proyek ini layak dijalankan?

Studi kelayakan ini penting untuk proyek yang mewakili investasi penting untuk bisnis. Proyek-proyek yang juga memiliki potensi dampak besar pada kehadiran Anda di pasar mungkin juga memerlukan studi kelayakan.

 

Selain itu, layanan untuk membuat studi kelayakan atau layanan studi kelayakan akan membantu Anda memetakan masalah dan menyusun semua aspek dalam studi kelayakan mulai dari aspek manajemen, hukum, pasar dan pemasaran, SDM dan juga aspek keuangan.

 

Tujuan Pembuatan Studi Kelayakan Bisnis

Lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa tujuan yang harus dicapai dari implementasi studi kelayakan bisnis (SKB):.

 

MENGHINDARI KERUGIAN.

Analisis yang dilakukan melalui studi kelayakan bisnis tidak lain adalah memperkirakan bagaimana kemungkinan untung dan hilangnya perusahaan di masa depan. Jika dalam analisis ada hilangnya perusahaan yang cenderung lebih besar, maka itu membantu Anda memikirkan lagi jenis bisnis yang akan Anda pilih.

 

MEMFASILITASI IMPLEMENTASI PEKERJAAN.

Analisis akan membantu Anda dalam mewujudkan program perusahaan. Anda dapat memilih kebijakan mana yang dirasakan bermanfaat atau berbahaya.

 

MEMFASILITASI PERENCANAAN PERUSAHAAN.

Analisis yang baik akan membantu Anda dalam merencanakan segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan perusahaan. Langkah dan program apa yang akan disiapkan akan lebih mudah dengan studi kelayakan bisnis.

 

MEMFASILITASI PENGAWASAN.

Aktivitas bisnis besar membutuhkan proses pengawasan dari pihak berwenang seperti pemerintah misalnya. Keberadaan laporan analisis tentang studi kelayakan bisnis akan menjadi panduan bagi pihak yang berwenang dalam hal pengawasan.

 

MEMFASILITASI PROSES KONTROL.

Pengawasan dan kontrol dalam pengoperasian perusahaan besar perlu dilakukan terus menerus. Proses yang salah dari keduanya akan memiliki dampak negatif baik untuk kesehatan lingkungan dan masalah sosial lainnya. Keberadaan jasa pembuatan studi kelayakan bisnis akan memudahkan pihak berwenang atau perusahaan terkait untuk melakukan pengawasan dan kontrol.