Berikut Ini Merupakan Pengertian Playgroup dan Keuntungannya

 

Playgroup atau kelompok bermain adalah tempat berkumpulnya bayi, balita, dan anak kecil yang belum masuk sekolah. Anak-anak dalam kelompok bermain dapat bermain dan beraktivitas bersama sambil didampingi dan diawasi oleh orang tua atau pengasuhnya.

Ada banyak playgroup yang bisa ditemukan di Indonesia. Beberapa dari mereka bahkan memiliki kurikulum sendiri yang memungkinkan anak Anda untuk mulai belajar sesegera mungkin dan difasilitasi oleh guru.

 

Keuntungan Playgroup

 

1. Bermanfaat Bagi Tumbuh Kembang Anak

Menurut situs resmi Telethon Kids Institute, Dr. Tess Gregory menjelaskan bahwa berpartisipasi dalam kelompok bermain dapat memberikan kesempatan besar bagi anak-anak untuk bermain satu sama lain secara teratur.

“Bermain sangat penting untuk perkembangan anak-anak, dan kelompok bermain memungkinkan anak mengembangkan berbagai keterampilan,” katanya.

 

2. Peningkatan Keterampilan

Gregory dan rekan-rekannya menyelesaikan studi kelompok bermain pada tahun 2016, yang menemukan bahwa anak-anak yang mengikuti kelompok bermain memiliki perkembangan fisik yang lebih baik.

Anak-anak yang berpartisipasi dalam kelompok bermain memiliki keterampilan motorik halus dan kasar, keterampilan sosial dan emosional yang lebih baik seperti kerja sama, berbagi, dan bergiliran, keterampilan bahasa, dan keterampilan komunikasi lisan daripada mereka yang tidak.

 

3. Tempat bersosialisasi dan bersenang-senang

Kelompok bermain menyatukan anak-anak, orang tua, keluarga, dan komunitas untuk belajar dan tumbuh melalui permainan informal dan interaksi sosial.

Selain itu, playgroup bisa menjadi tempat yang tepat untuk bersenang-senang, bersantai, dan mencari teman baru.

Kelompok bermain berfungsi paling baik ketika mereka inklusif untuk semua, menciptakan lingkungan yang terbuka, ramah, dan bersahabat untuk semua anak dan keluarga, terlepas dari keadaan, latar belakang, atau identitas budaya mereka.

 

4. Bermanfaat untuk Orang Tua

Kelompok bermain bermanfaat tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga untuk orang tua yang berpartisipasi dengan anak-anak mereka. Orang tua di lingkungan sekitar dapat menjalin pertemanan baru dan saling mendukung melalui kegembiraan dan tantangan mengasuh anak.

Kelompok bermain memungkinkan orang tua untuk belajar dari satu sama lain, meningkatkan keterampilan mengasuh dan pengetahuan tentang kebutuhan anak mereka, dan membangun jaringan dukungan sosial yang kuat yang dapat digunakan untuk dukungan emosional atau sebagai sistem pendukung bila diperlukan.

 

Bagi kamu yang tinggal di Bali kamu dapat melihat Playgroup Di Bali dengan fasilitas yang bagus.

By roket