Dengar kata konstruksi bangunan, biasanya yang terpikir ialah bangunan tempat tinggal, gedung atau ruko. Namun, tahukah Anda beberapa bagian konstruksi bangunan yang harus dijumpai? Walau Anda bukan seorang arsitek atau kontraktor, sebaiknya Anda ketahui beberapa bagian konstruksi bangunan. Pada tulisan ini kali, kami akan menjelaskan beberapa bagian apa yang harus dijumpai dari konstruksi bangunan:

Bangunan Sisi Bawah

Bangunan sisi bawah ialah satu bagian dari bangunan yang berada di permukaan tanah . Maka, bila sejauh ini kita menduga lantai sebagai bangunan sisi bawah, rupanya salah. Di bawah lantai masih tetap ada sisi dari bangunan yang paling memberikan dukungan kuat atau tidak satu bangunan. Berikut beberapa bagian yang ada di bawah bangunan.

 

Dasar

Sisi paling bawah dari bangunan disebutkan dengan dasar. Dasar berikut yang disebut sisi dari bangunan langsung terkait dengan tanah yang keras. Karena tersambung langsung dengan tanah yang keras, dasar benar-benar bermanfaat untuk meredam semua beban bangunan agar berdiri kuat dan melanjutkan beban itu ke tanah keras disekelilingnya.

 

Berdasar teori yang berisi pembikinan dasar bangunan, pembikinan dasar terdiri 2 (dua) yakni dasar dangkal dan dasar dalam. Dalam pada itu, ada 3 (tiga) persyaratan yang perlu tercukupi dalam pembikinan dasar yakni dasar yang dibikin harus ditaruh secara tepat, aman dari teror longsor, dan aman dari pengurangan terlalu berlebih. Dengan begitu, dasar berikut sisi terpenting dalam sebuah bangunan agar berdiri kuat.

 

Balok Sloof

Bila kita menyaksikan kebagian bawah bangunan persisnya di dekat dasar, balok sloof akan kelihatan dengan wujud berbentuk balok yang mencatatr. Balok sloof ini bertopang pada dasar staal sisi atas. Peranan dari balok sloof tidak kalah penting dibanding dengan dasar. Balok sloof berikut yang hendak mengikat tiap sisi bawah sampai setiap kolom untuk mendukung dasar bangunan. Disamping itu, balok sloof berperan untuk meredam beban bangunan supaya bangunan masih tetap rata dan bisa kurangi differential settlement atau disebutkan dengan pengurangan beberapa bangunan karena ketidaksamaan kekuatan tanah meredam beban bangunan.

Baca juga: Rumah Klasik Modern di Dinasti Arsitek Studio

Bangunan Sisi Atas

Sisi yang mana disebutkan sisi bangunan atas? Persisnya ialah sisi bangunan yang ada di permukaan tanah atau lantai. Bangunan sisi atas ini memperlihatkan peranan dari arah bangunan itu dibangun. Berikut beberapa bagian atas bangunan yang harus dijumpai.

 

Dinding

Secara umum, kita mengenali dinding dengan panggilan tembok. Dinding atau tembok ini sebagai bangunan sisi atas yang berada sesudah balok sloof. Disaksikan dari perannya, dinding bermanfaat sebagai penutup sisi interior satu bangunan. Dinding bermanfaat sebagai partisi ruang dalam bangunan, dan dinding bermanfaat sebagai simpatisan seni bangunan. Bila dinding ada pas di tengah-tengah bangunan, dinding dapat berperan untuk meredam beban bangunan sisi atas.

 

Bila disaksikan berbahan pembikinnya, dinding terdiri 3 tipe yakni dinding tradisionil (berbahan murni alam: kayu dan bambu), semi-permanen (berbahan gabungan tradisionil dan modern), dan kekinian atau beton (berbahan beton).

 

Ring Balok atau Kolom

Bila kita saksikan antara tiap dinding yang lain ada sisi seperti tiang. Sisi itu disebutkan dengan ring balok atau kolom. Ring balok ini berperan sebagai sandaran dari konstruksi sisi atap bangunan dan sanggup mengikat pasangan dinding yang lain supaya bangunan tidak roboh. Ring balok terbagi dalam beberapa elemen seperti beton, besi baja tulangan, dan bekisting balok ring (cetakan beton). Ring Balok atau Kolom ada pas di atas balok sloof. Setiap bangunan akan ada selalu ring balok atau kolom. Tetapi biasanya ring balok khusus memiliki ukuran 20/20 dalam jarak antara tiap ring balok capai 3,5 mtr.. Bila jarak di antara ring balok lebih kecil dari 3,5 mtr. karena itu disebutkan ring balok ringkas yang mana ukuran cuma 15/15.

 

Sirkulasi

Sirkulasi bisa di definisikan sebagai lubang tempat masuk keluarnya udara dari exterior rumah. Yang diartikan dengan sirkulasi ini ialah pintu, jendela, atau lubang udara yang ada pada dinding bangunan.

 

Balok Latei

Coba lihat sisi yang ada disekitaran sisi atas pintu atau jendela. Di situ ada balok latei atau disebutkan juga balok lintel yang berperan sebagai penahan beban sisi atap bangunan supaya beban bangunan pada kusen bisa dikurangkan. Karena ada balok latei, kusen bisa berdiri kuat dan tidak mempunyai potensi meliuk atau patah. Peranan balok latei yang terpenting untuk jaga supaya kusen masih tetap berdiri kuat walau setiap saat terjadi gempa.

 

Kuda-kuda atau Kerangka Atap

Kuda-kuda atau kerangka atap bermanfaat untuk meredam susunan atap dimulai dari genteng sampai reng masih tetap konstan di tempatnya. Secara umum kerangka atap dibuat berbahan kayu. Namun, sekarang ini sudah ada kerangka atap yang dibuat dari baja ringan yang mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

 

Atap

Bila satu bangunan disaksikan di luar, akan kelihatan sisi atap yang ada di bagian teratas bangunan. Bila disaksikan dari peranan dasarnya, atap di suatu bangunan berperan membuat perlindungan semua sisi dalam (interior) bangunan dari cuaca seperti panas, hujan, salju, angin badai, dan lain-lain. Dalam pada itu, atap berperan sebagai perlindungan sisi privacy dari satu bangunan. Sekarang design atap satu bangunan memengaruhi penampilan satu bangunan.

Source: Nawa Karya Studio

By roket