Cara Bikin CV Tulis Tangan

Metode yang bisa digunakan dalam pembuatan CV sangat beragam, salah satunya yaitu tulis tangan. Cara bikin CV tulis tangan umumnya mudah untuk dilakukan, hal ini lantaran hanya membutuhkan kertas dan juga pulpen saja.

Bagaimana Cara Bikin CV Tulis Tangan?

Walaupun cara pembuatan CV satu ini sudah tertinggal zaman, namun mencoba tidak ada salahnya. Cara bikin CV menggunakan tangan menjadi alternatif yang paling mudah untuk dilakukan. Akan tetapi cara bikin CV tulis tangan mempunyai ketentuan seperti berikut ini:

1. Tulisan Rapi

Cara bikin CV tulis tangan tentu saja dilakukan secara manual, untuk itu pastikan menulis dengan rapi. Hindari penulisan dengan huruf yang besar, hal ini bisa memakan banyak ruang pada kertas tersedia. Kebanyakan kata juga perlu dihindari agar CV mudah dipahami.

Hindari juga menulis CV dengan pulpen bewarna merah. Warna merah yang terdapat pada tulisan akan menimbulkan kesan tidak sopan pada pelamar kerja. Selain tulisan harus rapi, kebersihan pada kertas CV juga harus diperhatikan.

2. Menggunakan Bahasa Baku

Setelah kertas sudah tersedia, pastikan juga untuk menggunakan bahasa baku dalam penulisan CV. Cara bikin CV menggunakan bahasa baku dapat berpedoman pada ejaan KBBI. Manfaat menggunakan bahasa baku dalam penulisan CV akan terkesan lebih formal.

Penggunaan bahasa Baku tidak hanya berlaku hanya pada cara bikin CV saja, penulisan lamaran pekerjaan juga membutuhkan hal ini. Bahasa baku juga bisa menjadikan CV yang dimiliki mudah untuk dipahami.

3. Mudah Dipahami

Ketentuan dalam cara bikin CV berikutnya yaitu bahasa dan penataan bagian CV mudah dipahami. Hindari penggunaan pengulangan kata dalam penulis CV, pastikan juga bagian-bagian tersetruktur dengan rapi.

Struktur CV terdiri dari identitas, kontak  yang dapat dihubungi, riwayat pendidikan, prestasi, pengalaman kerja ataupun organisasi, hingga keterampilan. Walaupun struktur penulisan CV berbeda-beda, namun struktur diatas paling banyak di gunakan.

Penulisan CV menggunakan tangan yang bagus dan mudah dipahami akan menambah poin plus bagi pelamar kerja. Sama dengan via digital, CV manual juga bisa dijadikan sebagai pemenuhan dalam persyaratan melamar pekerjaan.

Diatas merupakan beberapa ketentuan dalam penulisan CV manual atau tulis tangan. Dengan memperhatikan ketentuan-ketentuan diatas, CV yang dibuat bisa menarik perhatian HRD. Bagaimana udah paham dan ingin  menerapkan cara bikin CV?

By roket