Memakai notebook tak mungkin bila tak melibatkan layar bukan? Layar pada notebook ialah keluaran tampilan utama yang diberi produsen guna menampakkan hasil komputasi. Tak cuma asal jelas dan bening, terbukti notebook memiliki setidaknya dua ragam layar yang dipakai. Bukan IPS dan sejenisnya, itu ialah panel dari layar. Melainkan teknologi layar yang dipakai hingga saat ini ialah LED dan LCD.

Secara penerapan, sebetulnya kedua ragam layar ini tak jauh berbeda. Mungkin cuma yang benar-benar memperhatikan dan paham mengenai display saja yang bisa membedakannya saat pertama memperhatikan. Untuk menolong Anda mengenali perbedaan keduanya, dalam tulisan singkat ini akan disampaikan sebagian perbedaan utama dari layar LED dan LCD. Kita mulai dari definisinya terutamanya dahulu.

LED dan LCD

Dari kedua ragam layar ini, yang lebih dahulu ada ialah LCD. LCD ialah kependekan dari Liquid Crystal Display. Teknologi layar ini menerapkan media cairan atau molekul berbahan kristal cair yang disejajarkan dan dialiri listrik, kemudian bisa menciptakan cahaya. Teknologi ini dipakai pada permulaan keberadaan notebook hingga tahun 2008 atau 2009.

Untuk LED sendiri, ialah kependekan dari Light Emitting Diode. Memakai komponen dioda elektronik berwujud kecil yang bisa memancarkan cahaya. Bisa kita lihat, materi penyusunnya juga telah berbeda. Komponen ini awam dipakai pada layar notebook keluaran setelah tahun 2009.

Artikel Terkait : Sewa Led Screen Surabaya

Ukuran

Untuk ukuran layar, tentu saja Anda akan segera mengasumsikan pada panjang diagonalnya. Melainkan berhubungan layar LED dan LCD, yang akan dibahas ialah pada ketebalannya. Pada layar LCD, layar yang dipakai cenderung lebih tebal dan bervolume diperbandingkan LED. Selain sebab membutuhkan ruang yang agak luas, LCD juga ialah generasi layar pertama setelah layar tabung. Untuk LED sendiri sebab ialah teknologi baru, diperhatikan dari ketebalan tentu leibh tipis diperbandingkan LCD.

Konsumsi Tenaga

Dilihat dari konsumsi tenaga yang dipakai, kedua ragam layar ini juga terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Pada teknolog yangn lebih dahulu timbul, LCD, tenaga yang dipakai pada ukuran layar normal ialah sekitar 22 Watt. Untuk layar yang menerapkan LED, konsumsi tenaga yang dipakai ialah sebesar 8 Watt saja pada ukuran layar yang sama. Konsumsi tenaga ini akan dipengaruhi pula oleh ukuran layar notebook, sehingga perbandingan yang disampaikan di sini ialah pada ukuran layar yang sama.

Tenaga Tahan Penerapan

Sebetulnya berhubungan dengan tenaga tahan penerapan sendiri mungkin tak terlalu penting untuk dibahas sebab keduanya memiliki lifespan lebih dari 10 tahun bila dipakai dalam pengunaan wajar. Penerapan wajar di sini ialah ukuran kurang dari 15 jam per harinya. Untuk LCD, bisa bertahan kurang lebih 60.000 jam atau setara 11 tahun. Untuk LED, lifespan-nya lebih panjang, ialah 100.000 jam atau 18 tahun.

Melihat perkembangan teknologi saat ini, rasanya hampir tak ada orang yang menerapkan notebooknya lebih dari 4 atau 5 tahun. Sehingga dengan penerapan ini, bisa dipastikan layar notebook, bagus LED maupun LCD, bisa dipakai selama notebook Anda berfungsi.

Ramah Lingkungan

Mengenai info ramah lingkungan rasanya cukup signifikan dibahas sebab kini setiap teknologi diorientasikan untuk menjadi teknologi ramah lingkungan. Sebab LCD terbuat dari bahan kristal cair yang mengandung raksa di dalamnya, karenanya teknologi ini cenderung kurang ramah lingkungan. Dibandingi dengan LED yang menerapkan komponen dioda, lebih mudah diolah kembali dan dipakai untuk keperluan lainnya.

Ketajaman Gambar

Membahas layar tentu tak akan lepas dari bahasan ketajaman gambar dan warna yang bisa direproduksi oleh layar tersebut. Sebab menjadi output visual utama, karenanya ketajaman layar harus pula bisa memuaskan keperluan penerapan Anda. Untuk LCD sendiri sebetulnya telah cukup tajam tampilan yang diberi, bila diperbandingkan dengan ‘layar tabung’ yang dipakai pada perangkat TV jaman dahulu.

Melainkan demikian bila diperbandingkan dengan LED, ketajaman gambar yang diberi LCD akan berada di bawahnya. Sekali lagi, sebab LED ialah teknologi yang lebih baru dan notabene pengembangan dari teknologi LCD, karenanya kualitasnya juga akan berada di atas generasi sebelumnya.

Contrast Ratio

Istilah ini dipakai untuk menampakkan jarak dari warna hitam ke putih. Kian besar contrast ratio-nya, karenanya idealnya kwalitas reproduksi gambar akan lebih bagus. Dalam kasus LED dan LCD, LED memiliki contrast ratio yang lebih bagus ketimbang LCD. Sehingga produksi warna dan gambar yang dijadikan akan lebih jelas dan tajam.

Harga

Terakhir ialah soal harga. Sudah bisa diterka bukan mana yang lebih mahal? Mengingat LED ialah teknologi yang lebih baru, karenanya harganya lebih mahal diperbandingkan LCD. Untuk kwalitas yang lebih bagus, tentu memang harus dikeluarkan biaya yang lebih besar.

Setelah memahami perbedaan keduanya, Anda bisa menentukan akan memilih ragam layar apa untuk notebook Anda. Pilih dengan arif dan pantas dengan keperluan, sebab notebook akan menjadi partner kerja Anda dalam waktu yang cukup lama.

By roket