Inilah 10 Sungai Paling Berbahaya Yang Ada Di Dunia

Sungai adalah aliran air permukaan yang memanjang dan terus – menerus mengalir. Arah aliran sungai sesuai sifat dari air, mengalir dari tempat tertinggi menuju ke tempat rendah. Karena itu, air sungai mengalir dari dataran tinggi menuju ke danau atau lautan.

Sungai memiliki banyak fungsi seperti salah satunya yaitu menjadi batas wilayah alami yang memisahkan satu daerah dengan daerah lain. Aliran sungai membentang melewati satu daerah menuju ke daerah lain, dan bahkan bisa melintasi beberapa negara.

Lantas, sungai mana yang terpanjang di dunia? Beberapa orang akan langsung menjawab Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia. Meski demikian, beberapa ahli percaya bahwa sungai terpanjang di dunia itu adalah Sungai Amazon.

Perdebatan antara dua kandidat yang menjadi sungai terpanjang di dunia pun akhirnya selesai setelah sebuah artikel dalam International Journal of Digital Earth (2009) membuktikan bahwa Sungai Nil layak menjadi pemilik gelar sungai terpanjang di dunia.

Sebagaimana dilansir dari laman World Atlas dan Statista, berikut daftar 7 sungai terpanjang di dunia :

  1. Sungai Nil

Sungai Nil memiliki panjang mencapai 6.650 km yang membuatnya menjadi sungai terpanjang di benua Afrika sekaligus di dunia. Sungai Nil juga memiliki cekungan drainase mencapai 3,3 juta kilometer persegi.

Panjang sungai ini membentang melewati 11 negara seperti Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Congo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir.

 

  1. Sungai Amazon

Sungai Amazon yang memiliki panjang 6.400 km ini membentang dari kawasan hutan Amazon hingga area kaki pegunungan Andes. Aliran sungai Amazon melintasi beberapa negara di Amerika Serikat yakni Bolivia, Brazil, Kolombia, Ekuador, Peru, Guyana, dan Venezuela.

 

  1. Sungai Yangtze

Aliran Sungai Yangtze dengan panjang mencapai 6.300 km ini berasal dari Pegunungan Tanggula dan bermuara di Laut China Timur. Aliran Sungai Yangtze melewati 11 provinsi di China yaitu Anhui, Chongqing, Hunan, Hubei, Jiangsu, Jiangxi, Qinghai, Sichuan, Shanghai, Tibet, dan Yunnan.

 

  1. Sungai Mississippi

Sungai terpanjang keempat di dunia adalah Sungai Mississippi yang memiliki panjang 6.275 km. Sungai Mississippi juga menjadi sungai terpanjang kedua di wilayah Amerika setelah Sungai Amazon. Aliran sungai Mississippi melalui 32 negara bagian Amerika Serikat dan 2 Provinsi Kanada.

 

  1. Sungai Yenisei

Sungai terpanjang kelima di dunia adalah Sungai Yenisei dengan panjang mencapai 5.539 km. Letak Sungai Yenisei berada di wilayah Rusia. Aliran sungai ini berasal dari Mongolia, kemudian mengalir terus ke utara melintasi sebagian besar Siberia, sebelum akhirnya mengalir melintasi Teluk Yenisei menuju ke Laut Kara di Samudra Arktik.

 

  1. Sungai Kuning

Sungai Kuning atau Huang He (Yellow River) menjadi sungat terpanjang keenam dengan panjang mencapai 5.464 km. Aliran sungai Kuning berasal dari Pegunungan Bayan Har, Provinsi Qinghai, China. Aliran Sungai Kuning melintasi 7 provinsi China, sebelum akhirnya mengalir dan bermuara di Laut Bohai.

 

  1. Sungai Ob-Irtysh

Sungai ketujuh terpanjang di dunia adalah Sungai Ob-Irtysh dengan panjang mencapai 5.410 km. Sungai yang berada di Rusia ini terbentuk di pertemuan antara Sungai Biya dan Sungai Katun yang berasal dari Pegunungan Altai.

Kemudian sungai Ob bergabung dengan sungai Irtysh, lalu kedua sungai tersebut mengalir melewati Teluk Ob menuju Laut Kara di Samudra Arktik. Gabungan antara sungai Ob dan sungai Irtysh membentuk drainase seluas 2,9 juta km persegi.

By sartika