Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja, Works!

Salah satu usaha pemerintah untuk mengatasi dampak pandemi yang semakin meluas adalah dengan mengadakan program pelatihan prakerja. Sebab pada masa pandemi ini banyak usaha yang ditutup karena melemahnya daya ekonomi yang mengakibatkan gelombang PHK di mana-mana.

Oleh karenanya, bagi mereka yang tidak memliki pekerjaan, sebaiknya menggunakan  kesempatan ini untuk meningkatkan keterampilan agar siap menghadapi dunia kerja setelah masa pandemi usai. Sebab, pada saatnya akan lebih banyak orang yang menjadi kompetitor dalam dunia kerja.

Bagaimana Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja

Agar dapat terjaring dalam kepesertaan program pelatihan pekerja, maka ikutilah langkah-langkah berikut ini:

Buatlah Akun Prakerja Terlebih Dahulu

Langkah pertama adalah Anda wajib membuat akun kartu pra kerja pada laman prakerja.go.id.  Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungilah situs prakerja.go.id
  2. Masukkan email yang masih aktif atau nomor ponsel yang terdaftar
  3. Tekan pilihan Daftar
  4. Langkah selanjutnya adalah memilih  metode untuk proses verifikasi
  5. Setelahnya Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email atau SMS
  6. ketikan kode verifikasi yang Anda terima pada kolom yang ada
  7. Setelah sistem melakukan verifikasi terhadap seluruh data Anda maka selanjutnya akan terlihat notifikasi bahwa pendaftaran Pendaftaran berhasil

Mendaftar Program Prakerja

Proses pembuatan akun selesai. Selanjutnya Anda akan mendaftarkan diri sebagai peserta tujuannya adalah untuk mendapatkan berbaga program dan kelas yang sudah disediakan oleh mitra pemerintah.  Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungilah kembali  situs prakerja.go.id
  2. Masuk kembali ke dalam akun yang tadi telah dibuat
  3. Pilihlah opsi Daftar Kartu Pekerja
  4. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap sesuai dengan data pribadi yang sah. Jangan sampai ada kesalahan sedikit pun dalam pengisiannya karena langsung terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  5. Pilih Selanjutnya
  6. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mengikuti tes kemampuan dasar yang berhubungan dengan keahlian sebelumnya. Jika sudah maka proses pendaftaran dapat dihentikan.
  7. Akhiri dengan menekan tombol  Selesai

Perlu Anda ketahui bahwa tes akan dilakukan langsung pada saat calon peserta melakukan proses pendaftaran maka bersiaplah agar dapat menjawab tes tersebut dengan baik.  Pastikanlah sinyal internet stabil sebab jika tidak akan menghambat proses pendaftaran ini.

Jika Anda lulus tes yang diselenggarakan tadi maka akan ada notifikasi pada ada email atau SMS yang dikirimkan oleh sistem.  Selanjutnya baru dapat memilih berbagai macam program serta kelas yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan.  Anda dapat menggunakan dana yang sudah disiapkan pemerintah bagi setiap peserta pada program ini.

Setelah mengetahui cara menjadi peserta pelatihan kerja maka, usahakanlah untuk mencoba mendaftar pada gelombang berikutnya. Sebab Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Terutama dalam bidang keterampilan serta keahlian yang dapat digunakan untuk menghadapi kompetisi di masa mendatang.

By hary