Arsip Infografis – Saat ini kemampuan senjata personil tempur semakin besar ketergantungannya pada spektrum elektromagnetik, jaringan komunikasi, radar, detektor, inframerah, laser, kamera pengintai dan teropong malam semuanya menggunakan spektrum elektromagnetik untuk beroperasi. Hampir setiap sistem senjata modern yang ada saat ini ataupun yang sedang dirancang menggunakan teknologi ini.

Konsekuensinya pertempuran modern penuh terisi dengan ribuan sinyal elektromagnetik. Serangan elektronik melibatkan spektrum elektromagnetik untuk menyerang fasilitas peralatan atau personil musuh dengan tujuan menurunkan, menetralisir atau menghancurkan kemampuan tempur lawan.

Perang Elektronik

Dukungan peperangan elektronik melibatkan tindakan yang diambil untuk mencari, mencegah, mengidentifikasi dan menemukan sumber energi elektromagnetik yang terpancar untuk tujuan pengenalan ancaman, penargetan dan operasi.

Saat ini terdapat dua kategori elektronik Warfare atau peperangan elektronik yang pertama adalah

– Passive elektronik Wherever

Metode ini sering digunakan untuk mendapatkan informasi intelijen berharga. Memonitor komunikasi lawan dapat memberikan informasi berguna untuk perencanaan aktivitas. Pendeteksian secara pasif radar lawan emisi laser dan inframerah dapat menyediakan peringatan dini dan informasi untuk menyiapkan senjata.

– Aktif electronic Warfare

Teknik ini digunakan apabila dipertimbangkan untuk meniadakan atau mencegah lawan menggunakan spektrum elektromagnetik. Deception jening digunakan untuk mengacuhkan atau mengganggu jaringan komando, komunikasi dan sistem radar lawan.

Electronic Warfare umumnya disebut pula sebagai radio elektronik combed atau maskirovka dalam istilah Rusia. Merupakan penting pada konsep peperangan modern.

Salah satu peralatan perang elektronik tercanggih dimiliki dan dikembangkan oleh Rusia yaitu lirtrik. Lirtrik didasarkan pada kendaraan udara tak berawak yang dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik yang dikembangkan oleh Qyrt pada tahun 2014.

Pesawat tak berawak ini dirancang untuk menemukan sumber emisi elektromagnetik dan sabotase komunikasi nirkabel termasuk ponsel dalam radius kurang lebih enam KM. Angkatan bersenjata Rusia menerima pengiriman pertama sistem imi pada akhir 2015.

Baca juga perjanjian kerja karyawan

Sistem perang elektronik berbasis drone baru Rusia 341 V menggabungkan jamers dan kendaraan udara tak berawak orland 10 untuk menonaktifkan jaringan seluler dan memungkinkan militer Rusia mengirim pesan palsu ke pelanggan.

Y vilir three dapat secara efektif berubah menjadi stasiun seluler virtual dengan kirim pesan dan sepenuhnya mengendalikan perangkat pelanggan. Setelah menggantikan stasiun BTS jika berhasil menggantikan menara komunikasi seluler maka dapat mengirim pesan audio dan video ke pelanggan.

Lirtrik rbt34 1V digunakan di Suriah untuk mengirim pesan instan ke faksi pemberontak berisi formulir aplikasi untuk gencatan senjata. Lirtrik dilaporkan dapat memblokir telepon seluler musuh sekaligus tidak menghalangi pengoperasian telepon seluler teman.
.
Skstem dapat mengumpulkan nomor telepon dan memanggil nomor ini sambil memblokir sinyal orang lain dan mengendalikan perangkat pengguna dari jarak jauh.

Modernisasi kendaraan udara tak berawak Rusia terus mengesankan pengamat asing. Lirtrik terdiri dari tiga Yufi orland 10 dan pos komando kendali di terekam.

Misi utama kendaraan udara tak berawak adalah untuk sabotase menara komunikasi seluler. Untuk melakukan ini jamers khusus telah pasang pada you wave online 10 dan juga jamur sekali pakai yang dijatuhkan ke tanah

Setelah membuat Stasiun BTS macet your Lands 10 dapat mengirim pesan instan ke pelanggan dalam kondisi tertentu. Mereka mengganggu BTS dan menggantikannya sambil menjadi stasiun seluler virtual. Menyebarkan pesan propaganda dan juga melakukan operasi psikologi untuk meraih dukungan atau untuk meruntuhkan moral tempur lawan.

Mampu bertahan di udara hingga 10 jam membawa muatan hingga 4 Kg. Mempunyai kecepatan maksimum 150 Km/J dan kecepatan jelajah 80 Km/J berat. Lepas Landas online 10 adalah 18 kg dengan lebar sayap 3,1 meter dan ketinggian penerbangannya maksimum 5000 m.

Fitur utama yang berguna dari online 10 adalah intercept komunikasi seluler meniru Stasiun BTS dengan rentang frekuensi 900 1800 200 2000-2500 mhz. Deteksi point pengguna ponsel lalu melakukan pengintaian dengan menemukan titik radiasi perangkat di jaringan GSM, menggambar lokasi titik pelanggan pada peta digital, transfer data tentang lokasi poin pelanggan ke penghitungan altileri untuk serangan rudal.

Selain itu orland 10 mampu melakukan peran sebagai pembom bunuh diri atau Kamikaze. Sistem lirtrik awal yang digunakan pada tahun 2015 dirancang untuk menonaktifkan jaringan seluler Global system for mobile communication atau GSM.

Teknologi terbaru yang dikerahkan ke Ukraina diduga mampu menerobos jaringan 3G dan 5G sekaligus. Hasilnya teruji mampu melumpuhkan berbagai jaringan BTS di Ukraina menyadap berbagai taktik dan melakukan perang sky off untuk meruntuhkan mental lawan.

Beberapa hasil kerja lirtrik sangat Gracia kan oleh Rusia karena berkaitan dengan rahasia perang. Nato menduga Larry menjadi tulang punggung supply informasi Rusia dengan hasil yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan apa yang dipublikasikan atau yang ditulis oleh media

Bahkan diduga mampu mendeteksi pergerakan drone secara presisi. Namun sistem ini sempat kerepotan beroperasi di Ukraina karena secara tidak terduga Elon Mask mengirimkan ribuan sistem penerima satelit Starling ke Ukraina.

Elon Mask mengatakan bahwa jaringan Starling sempat mengalami serangan cyber namun bisa diatasi dengan upgrade software. Kemungkinan sistem lirtik mampu menghancurkan sinyal Starling hingga sistem sempat tidak berfungsi beberapa saat sebelum starting akhirnya melakukan upgrade software.

Jaringan seluler berbasis BTS satelit memang tergolong baru dan belum sempat diadopsi oleh sistem lirtrik. Namun beberapa pengamat menyatakan melihat canggihnya sistem listrik kemungkinan Engineer Rusia bisa meningkatkan kemampuannya dengan cepat untuk mengganggu sistem Starling.

Sistem lirtrik harus benar-benar dijaga oleh pasukan khusus sebab bila jatuh ke tangan musuh bisa membuka semua celah keamanan dan data militer. Pasukan Ukraina merilis video yang menunjukkan salah satu kendaraan perang elektronik Rusia ini ditangkap oleh pasukan Ukraina.

Dikhawatirkan lirtrik segera dibedah oleh Ukraina dan Nato sehingga bisa mengeksploitasi penemuan canggih Rusia. Selang beberapa jam setelah rilis video penangkapan yang diduga kendaraan perang elektronik. Pangkalan udara Carson yang dikuasai oleh Rusia diserang altileri presisi tinggi yang mengakibatkan setidaknya delapan helikopter, 4 tank dan beberapa kendaraan tangki bahan bakar Rusia luluh lantak.

Beberapa ahli mengaitkan kedua peristiwa ini namun beberapa menyatakan tidak berhubungan karena Ukraina akan kesulitan membuka enkripsi data lirtrik yang canggih
Perang elektronik selalu menyertai hampir setiap aktivitas militer bahkan meskipun pada masa-masa damai. Perang elektronik terus dilancarkan bukan hanya ditujukan untuk lawan namun juga untuk mengawasi kawan koalisi