cara membuat gula kristal

Gula yang memiliki keunikan dari bentuknya dan sifatnya yang begitu keras dibanding gula lain. Pembuatannya sendiri berasal dari proses kristalisasi. Meski sifatnya yang begitu keras, gula batu sering dipakai dalam campuran minuman seperti teh.

Meski begitu, uniknya gula ini telah ada sejak abad ke 9 Masehi dan pertama kali dibuat di daerah Iran, sehingga bisa dibilang untuk gula batu sendiri sudah cukup lama. Tapi apakah Sobat Aroma tau cara membuat gula batu kristal dan manfaatnya? cek yuk seluk beluk informasi di bawah ini tentang gula batu.

Bahan Dasar Gula Batu

Bahan dasar untuk gula batu sendiri sebenarnya tidak terbatas karena dapat dibuat dari jenis gula apapun, misalkan dari gula tebu, gula pasir, ataupun gula merah. Yang terpenting adalah dari bahan dasar tersebut bisa dilakukan kristalisasi yang menghasilkan gula padat. Kebanyakan untuk gula batu yang beredar saat ini adalah terbuat dari gula pasir.

Proses Pembuatan Gula Batu

Dari bahan yang disebutkan diatas, semuanya bisa dijadikan gula batu. Begini cara membuat gula batu kristal, bahan gula batu dilarutkan menggunakan air, setelah itu dipanaskan hingga mencapai titik jenuh air dan akhirnya terbentuk kristalisasi ketika penurunan temperatur terjadi, maka terbuatlah gula batu. Jadi itulah cara membuat gula batu kristal, memang tergolong mudah dalam pembuatannya.

Manfaat Gula Batu

Sebelumnya merupakan cara membuat gula batu kristal, lalu bagaimana dengan manfaatnya? Secara umum, ada beberapa manfaat jika mengkonsumsi gula batu secara cukup. Seperti mengobati pilek dan batuk biasa, meningkatkan energi yang ada dalam tubuh secara cepat, meningkatkan kadar hemoglobin, dan juga menghentikan mimisan. Masih banyak manfaat yang terdapat, namun di samping itu juga terdapat dampak lain jika mengkonsumsi pada kondisi tertentu atau berlebihan.

Aturan Konsumsi Gula Batu

Gula batu aman dikonsumsi pada batas tertentu. Idealnya menurut Kementrian Kesehatan RI, batas untuk mengkonsumsi gula batu yang aman adalah sekitar 50 gram per harinya, jika dikonversi pada takaran sehari-hari adalah sekitar empat sendok makan setiap harinya. Lebih dari itu, bisa berpotensi mendatangkan penyakit seperti diabetes atau obesitas. Ini menjadi perhatian utama pada orang yang memiliki turunan riwayat penyakit diabetes atau penyandang diabetes, karena sama seperti pada gula pada umumnya yang memiliki pengaruh pada gula darah.

Kandungan Kalori pada Gula Batu

Jika dilihat pada kalorinya sendiri, gula batu memiliki kandungan kalori yang hampir sama dengan gula aren atau gula putih, sekitar 300 kkal/100 gram gula atau 300 kkal pada 2 sendok makan.

Jadi itulah cara membuat gula batu kristal, selain itu juga dampak dari gula batu sendiri bisa diperhatikan, sehingga mampu menjadikannya batas aman ketika mengkonsumsi gula batu.

Kunjungi Aroma Medan untuk mendapatkan resep pancake durian dan informasi tentang pancake durian