Manfaat Buah Pir

Diketahui buah pir meiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang berasal dari Eropa dan Asia Barat ini memiliki rasa manis dan lezat yang penuh serat, rendah kalori, vitamin C, dan kaya antioksidan. Buah pir telah digunakan dalam pengobatan anti-inflamasi, diuretik, dan anti-hiperglikemik di Cina selama lebih dari 2000 tahun.

Pir adalah sumber serat, vitamin K, dan potasium yang sangat baik. Manfaat buah pir lainnya yakni baik untuk yang sedang diet karena bebas lemak. Dalam fortuna808 satu buah pir berukuran sedang (178g) diketahui mengandung 101 kalori, 0,6g protein, 27g karbohidrat, dan 0,3g lemak.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat buah pir untuk kesehatan.

Manfaat Buah Pir

Manfaat Buah Pir

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi tertentu dari fitonutrien dalam apel dan pir dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

2. Meringankan Gejala Mabuk

Pir digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati mabuk. Satu penelitian kecil menunjukkan bahwa jus pir Asia dapat membantu meringankan beberapa gejala mabuk, seperti kesulitan berkonsentrasi dan kepekaan terhadap cahaya dan suara.

Nah, demikian informasi mengenai manfaat buah pir untuk kesehatan yang perlu Anda. Buah pir bisa dimasukan ke dalam daftar menu makanan sehat sehari-hari Anda.

3. Membantu Memperbaiki Sel

Satu buah pir yang berukuran sedang memiliki kandungan sekitar 8 ml vitamin C. Vitamin C ini penting untuk proses pertumbuhan maupun perbaikan sel serta mencegah kerusakan oksidatif. Vitamin C telah terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka dan memar, dan bahkan melindungi dari penyakit menular.

4. Mengurangi Risiko Stroke

Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi buah dan sayur dengan penurunan risiko stroke. Sebuah studi menunjukan bahwa orang yang makan lebih banyak apel dan pir dan orang yang makan lebih banyak sayuran berdaun hijau lebih kecil kemungkinannya untuk didiagnosis terkena stroke.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Selain membantu Anda merasa kenyang (yang dapat membantu dengan manajemen berat badan yang sehat), makan makanan utuh yang tinggi serat, seperti pir, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi, diabetes, dan beberapa penyakit lainnya.