Apa kamu terhitung golongan yang saat ingin tidur mendadak pikirkan mengenai masa lampau dan masa datang? Apa lagi simak posting Instagram rekan-rekan telah ada yang sidang, bisa pekerjaan, lanjut S2, tunangan dan nikah buat semakin pikirkan dan memperbandingkan perolehan mereka dengan diri kita. Bila iya, karena itu kamu alami overthinking.

5 Langkah Menangani Overthinking, Stop Berpikiran Terlalu berlebih

Telah bukanlah hal yang asing saat bicara mengenai overthinking. Nach, sebenarnya apa sich overthinking dan bagaimanakah cara menanganinya? Yok baca keterangan di bawah ini.

Table of Contents

– Overthinking
– Langkah Menangani Overthinking
– 1. Mindfulness
– 2. Mengubah dengan aktivitas
– 3. Bercakap sama orang lain
– 4. Menulis
– 5. Konsentrasi pada jalan keluar

Overthinking [/H2]

Overthinking ialah berpikiran terlalu berlebih mengenai masa lampau atau masa datang yang memacu hati takut atau cemas. Badan ada di saat ini tapi pemikiran diotak susah dikontrol hingga pemikiran melalang buana ke masa lampau dan masa datang. Beberapa pikiran itu bica ada karena pengalaman bersalah, malu-maluin atau kuatir akan masa datang.

Cemas mengenai suatu hal yang terlalu berlebih dan tidak dapat mengontrol pemikiran? Cemas pikirkan sebuah permasalahan tetapi tanpa menuntaskan dengan benar-benar? Ini terhitung overthinking.

Misalkan kamu berpikiran “mengapa ya dahulu saya nolak tugas itu”.

“Aduh esok ada presentasi sama direktur, takut sekali jika bicaranya tidak lancar”

“Kayanya kemaren saya salah bicara dech, duh malu sekali”

“Kurang lebih esok saya dapat punyai upah 50 juta tidak ya”

“Aduh takut jika esok tidak dapat membeli rumah eksklusif”

Imbas dari overthinking bisa berpangaruh pada keadaan psikis. Menurut riset yang sudah dilakukan oleh Johnson dan Whisman (2014) memperlihatkan jika wanita 2x memungkinkan alami stres dibanding pria. Ini dikarenakan oleh wanita condong seringkali overthinking.

Disamping itu, bila seorang kerap overthinking dan mempunyai sedikit keinginan karena itu dia akan alami stres (Sun, Tan, Fan, dan Tsui, 2014). Juga bisa pemicunya ialah berasa rendah diri karena sukai memperbandingkan diri sama orang lain.

Untuk orang yang kerap overthinking, bisa mengusik kualitas tidur. Overthinking sebagai sumber khusus seorang sulit tidur. Telah bersiap tidur tetapi mendadak terpikir pengalaman malu-maluin di periode lalu atau kebimbangan pada masa datang. Jika sulit tidur karena itu jumlah waktu tidur menyusut yang bisa menyebabkan keadaan tubuh kurang bugar saat pagi hari.

Langkah Menangani Overthinking [/H2]

Overthinking membuat kita lupa akan saat ini. Kita terlampau pikirkan hal yang tidak dapat diganti pada masa lampau dan terlampau pikirkan suatu hal yang tidak dapat dikendalikan sampai tidak dapat nikmati sekarang ini. Berikut 5 langkah untuk menangani overthinking:

1. Mindfulness

Mindfulness ialah sebuah sistem yang fokus pada kesadaran dan rasakan pengalaman sekarang ini. Sistem ini arahkan untuk nikmati beberapa momen yang dirasa sekarang ini. Ulasan selengkapnya pernah diulas di artikel ini.

Mindfulness bisa dilaksanakan dengan meditasi sepanjang 10-15 menit dengan iringan lagu instrumental yang menentramkan. Kerjakan meditasi tiap hari di lokasi yang tenang supaya tidak gampang terdistraksi. Duduk pada sikap tegak dan mengambil napas pelan-pelan.

Disamping itu, tiap makan coba lah nikmati makanan tanpa tergesa-gesa. Kunyahlah makanan sekitar 32 kali. Rasakan tiap gigitan dan kunyahan.

2. Mengubah dengan aktivitas

Overthinking bisa ditangani dengan mengubah pemikiran pada aktivitas. Kerjakan aktivitas yang kamu gemari atau lakukan hoby. Saat lakukan hal yang dicintai, karena itu kita akan berasa suka hingga beberapa pikiran negatif dapat lenyap.

Alirkan energimu pada aktivitas yang positif. Kamu dapat lakukan olahraga kegemaranmu seperti lari, basket atau sepak bola. Misalnya yang lain kamu dapat chill sekalian dengarkan lagu kegemaran dan menonton film.

3. Bercakap sama orang lain

Bercakap sama orang lain dan mengungkapkan pikiran-pikiranmu yang ada diotak. Selainnya membuat lega, dapat mendapatkan sudut pandang yang lain pada mereka. Bisa jadi, apa yang kita pikir sebenarnya hal simpel tetapi pemikiran kita yang sulit seperti benang ruwet.

4. Menulis

Kadang kita tidak dapat tergantung ke orang lain. Kemungkinan mereka repot dengan tugas dan masalahnya. Disamping itu tidak seluruhnya hal bisa dikisahkan ke beberapa orang. Karena itu, kamu dapat meluapkan semua pemikiran dan hatimu pada tulisan.

Bila kebingungan ingin narasi ke siapa, kamu dapat catat dibuku diary, netbook, ponsel, atau kertas. Kamu dapat tuliskan semua pikiranmu dan hatimu. Menulis sebagai langkah yang aman karena tidak ada judgment dari pihak lain.

5. Konsentrasi pada jalan keluar

Saat overthinking pemikiran kita lebih fokus pada permasalahan yang ditemui. Terlampau konsentrasi pada permasalahan tidak menuntaskan. Konsentrasi lah pada jalan keluar dan gagasan perlakuan.

Misalkan esok pagi ada jadwal presentasi. Malam harinya kamu berasa kuatir dan takut bila gagap atau blank. Dibanding pikirkan suatu hal yang belum tentu terjadi lebih bagus lakukan suatu hal protektif dengan latihan atau mempersiapkan bahan presentasi.

Overthinking makan beberapa waktu untuk pikirkan suatu hal yang tidak penting dan belum tentu. Pemikiran yang sulit membuat kita susah nikmati dan rasakan berbahagia. Konsentrasi lah pada saat ini, lupakan masa lampau dan tenanglah akan masa datang.

 

kunjungi juga asukoe.id

By dzail