Ada banyak faedah yang dapat kita peroleh bila kita pahami type-tipe personalitas manusia, ciri-ciri, kekuatan, dan kekurangan tiap pola dasar karakter manusia.

4 Type Personalitas Manusia Menurut Psikologi, Kamu yang Mana?

Terutamanya saat kita terkait sama orang lain dalam beberapa situasi dan kondisi. Dalam pengetahuan psikologi, berkembang beberapa macam teori yang berkaitan berkenaan personalitas.

Sekarang kita ketahui tiga teori psikologi personalitas yang cukup populer dalam masyarakat, misalkan: ambivert, introvert, dan ekstrovert.

Tapi, bertepatan dengan mengembangnya pengetahuan dan pengetahuan, di bagian pengetahuan psikologi dijumpai teori personalitas yang dipertingkat oleh ahli filsafat Yunani Hippocrates.

Selanjutnya ditingkatkan oleh Galenus pada 400 tahun saat sebelum masehi, yang sekarang ini dijumpai di dunia psikologi jadi teori Hippocrates-Galenus.

Nach, terhitung ke personalitas mana, kamu? Jika Kamu sebagai mahasiswa jalur psikologi, Kamu juga harus pahami mengenai ini.

Karena mahasiswa banyak pula berhubungan sama orang lain kurang cukup dengan dosen dan rekanan di Kampus Negeri atau Swasta.

 

Pemahaman type personalitas manusia ialah semua wujud jenis sikap, perilaku, karakter, watak, karakter dan beberapa ciri ciri khas seorang manusia yang telah ada semenjak lahir sampai dewasa.

Semua tipe type personalitas manusia yang telah ada dipakai untuk berhubungan sama orang lain dalam beradaptasi pada lingkungan rumah, sekolah, universitas, tempat umum sampai kantor.

Ada empat jenis type personalitas manusia menurut Hippocrates dan Galenus, yakni

Yok, kita mencari informasi bersama dengan dalam artikel ini yang sudah di mengumpulkan dari sejumlah sumber, salah satunya Today.com, Wikipedia.org, Livescience.com, HumanMetrics.com, Truity.com, yakni seperti berikut.

 

Sebagian orang yang terhitung ke type personalitas Sanguinis berasa condong ingin populer, rasakan ingin dicintai oleh seseorang. Hidup mereka terasa senang-senang saja tiap hari.

Tapi, pergolakan emosinya bergelombang dan terbuka. Type orang yang Sanguinis dijumpai menjadi orang yang menyenangi berbicara, minat, gesturf, cerah, penuh rasa ingin ketahui.

Satu waktu mereka bisa berteriak kegirangan, dan sebentar seterusnya ia bisa jadi menangis tersedu-sedu.

Tapi sisi negatif dari type sanguinis ini adalah mereka condong sedikit cukup pelupa, sulit fokus.

Disamping itu, type personalitas Sanguinis dari segi hidupnya serba tidak teratur yang menyebabkan sebagian orang Sanguinis sulit untuk datang on time.

 

 

Seorang dengan type personalitas koleris mempunyai watak jadi leader (pimpinan), mereka terhitung orang yang aktif, pengambil ketentuan, berkemauan keras dalam sampai sasaran, bebas dan berdikari, suka halangan.

Tapi, orang dengan type koleris mempunyai sisi negatif.

Misalnya: tidak sabar dan cepat marah, sukai memerintah, susah rileks, sukai pada kontroversi dan bentrokan, demikian kaku dan keras, dan tidak suka yang berbelit.

 

 

Sebagian orang dengan type Personalitas Plegmatis ini mereka tidak suka berjalan pada konflik, karena itu diminta apa ia ingin lakukan, walau mereka tidak suka.

Untuknya kenyamanan adalah segalanya. Jika ada persoalan ia akan berusaha cari jalan keluar yang damai tanpa ada bentrokan.

Mereka adalah orang yang ingin tidak untung sedikit atau tulus sakit, yang perlu permasalahannya cepat usai. Selanjutnya, orang yang plegmatis ini adalah orang yang tidak mudah dikuasai, tegar akan ketetapannya.

Mereka lebih suka pada ketenangan dan tidak mau bikin pusing pada banyak hal yang menurutnya tidak penting.

 

 

Type personalitas manusia terakhir yang ada di teori Hippocrates-Galenus ini adalah type personalitas melankolis.

Orang dengan type melankolis adalah mereka yang condong sering rasakan kuatir dalam hidupnya, dan mereka mempunyai rasa gampang berserah.

Tapi, tidak boleh salah, seorang dengan type melankolis ini mempunyai ciri-ciri menjadi orang yang inovatif dan berpikiran betul-betul analitikal.

 

Maka Kamu terhitung type personalitas manusia yang mana? Apa saja type personalitasmu, ingat-ingatlah selalu agar bisa lakukan tindakan baik pada orang lain dimana saja dan setiap waktu.

 

kunjungi juga plutotechno

By dzail