Tradisi Cucuk Lampah – Pernikahan merupakan sebuah upacara sakral yang identik dengan adat. Begitu pula dengan pernikahan yang ada di Jawa. Dalam adat istiadat penikahan adat Jawa terdapat sebuah adat yang lazim disebut dengan prosesi Cucuk Lampah. Prosesi simbolik ini berlangsung pada dikala Pengantin akan berjalan menuju daerah resepsi perkawinan.

Tradisi Cucuk Lampah dalam Pernikahan

Prosesi ini cukup langka dan mungkin telah jarang dikerjakan oleh banyak pengantin. Prosesi yang satu ini dapat dibilang unik, menarik dan dapat menjadi hiburan bagi para tetamu undangan.

Tradisi Cucuk Lampah

Prosesi Cucuk Lampah atau pembuka jalan ini memiliki maksud sebagai prosesi penolak bala atau musibah untuk mengusir seluruh format gangguan dalam format apa bahkan, secara khusus roh jahat yang bisa mengganggu jalannya penyelenggaraan pahargyan atau resepsi. Prosesi ini dijalankan di sepanjang jalanan yang akan dilalui oleh pengantin. jasa cucuk lampah wedding

Para penari sudah disiapkan untuk menghibur tetamu undangan sekaligus menasihati pengantin menuju pelaminan. Gaya dan tari yang ditampilkan berbeda-beda. Akan melainkan pada dasarnya seorang Cucuk lampah mesti banyak menguasai tarian jawa sekaligus piawai menghibur dengan adegan peran yang lucu.

Pada ketika pengantin mengaplikasikan baju adat Keprabon atau adat raja jawa, para penari cucuk lampah menarikan dengan tarian adat yang lemah gemulai. Cucuk lampah menari dan mengantar pengantin hingga duduk di pelaminan kemudian dipandu oleh dua orang pata atau pembawa kipas.

Selain itu terdapat penampilan tarian beksan gila-edanan atau tarian edan-edanan yang sungguh-sungguh unik. Tarian unik ini menjadi salah satu hiburan bagi para tamu undangan. Sebagai sebuah kekayaan tradisi, beksan edan-edanan ini juga dapat ditampilkan di luar keraton. Sehingga masyarakat umum pun bisa mengundang para penari untuk memperlihatkan tarian penolak bala ini dalam sebuah resepsi pernikahan. jasa cucuk lampah wedding blitar

Cucuk lampah memang sudah jarang nampak di pernikahan-pernikahan orang saat ini. Tapi demikian masih ada yang melangsungkan acara pernikahan dengan prosesi hal yang demikian. Dan ada juga jasa yang menyediakan cucuk lampah atau penari tersebut. Demi menjaga kelestarian adat pernikahan yang ada di Jawa ini.

By travel