Kanopi bisa disebut adalah suatu komponen berharga rumah atau pun konstruksi di saat ini. Terlebih lagi mengingat banyak fungsi yang dimilikinya. Semisal memberi perlindungan terhadap cuaca, mensupport mengurangi listrik, hingga mempercantik rumah.

Langkah Menentukan Baja Ringan Yang Cocok Untuk Kanopi

Mengingat manfaatnya yang begitu penting, maka pemilihan material untuk kanopi perlu diperhatikan. Zaman ini, baja ringan banyak di gunakan untuk kanopi rumah mereka.

Oleh karena itu, apakah semua baja ringan bagus? Apa langkah kita memilih baja ringan yang bagus untuk kanopi? Berikut penjelasannya .

1. Berapa lama lapisan karat bertahan

Kualitas lapisan pelindung karat (coating) pada baja ringan yang baik tentu memiliki kandungan Aluminium Zinc (AZ). Semakin top kualitas lapisannya maka ketahanan terhadap karat pun lebih lama.

Meski demikian, kualitas dari baja ringan juga diakibatkan oleh lokasi dan fungsi bangunan. Jadi, jika berada di area tingkat korosi tinggi seperti dekat pantai atau wilayah industri, untuk baja ringan jenis AZ 150 kualitasnya menurun, jika di bandingkan dengan lingkungan normal.

2. Seberapa Tebal Baja Ringan

Pilihlah baja ringan dengan ketebalan sesuai dengan SNI dengan ketentuan tertulis SNI 8399:2017 (SNI produk).

Selain itu , jika dilihat menggunakan mikrometer yang mampu mengukur ketebalan di bawah 1 milimeter, hasilnya sesuai.

3. Tensile Strength

Kita tahu fungsinya, kanopi hampir sama seperti atap. Oleh karena itu , sebaiknya jenis rangka baja ringan untuk kanopi yang dipilih harus sesuai standard G550.

Maknanya, material baja ringan memiliki kekuatan tarikan minimal 550 Mpa, sehingga lebih kuat menahan bebas.

4. Sesuai peraturan sni dan adanya garansi

Selain std sni produk, lakukan pengechekan kode printing bertuliskan SNI 4096:2007 (SNI material / SNI standar produk Baja Lapis Aluminium Seng [BjLAS]). Karena hal tesebut berikan dengan lapisan pelindung karat.

Garansi dari produk harus di perhatikan untuk menjamin kualitas baja ringan. Dengan diberikannya garansi, pembeli pun akan terhindar dari kerugian bila terjadi kerusakan.

Kesimpulan

Kesimpulannya, menentukan baja ringan yang bagus untuk kanopi harus dilakukan. Hal ini dikarenakan fungsi kanopi yang cukup penting.

Lama penahan karat , ketebalan, tensile strength, lalu sesuai dengan SNI dan jaminan adalah beberapa item yang perlu di ketahui sebelum memilih baja ringan. Baca juga artikel lainnya di alwepo.com

By skyweb