Helobray – Mungkin masih banyak wanita yang tidak mengetahui pid adalah kondisi yang harus diwaspadai. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai keberadaanya, karena dapat menyebabkan komplikasi yang menganggu kesehatan organ reproduksi wanita.

Tahukah kamu bahwa PID adalah penyakit yang dikenal juga dengan sebutan radang panggul atau pelvic inflammatory disease. Ini merupakan infeksi yang terjadi pada rahim, tuba falopi, leher rahim, dan ovarium wanita. Infeksi ini akan menyebabkan terjadinya peradangan pada organ reproduksi wanita yang dapat menyebabkan nyeri pada panggul.

Lalu, Apa yang Menyebabkan Radang Panggul?

Kondisi yang dapat menyebabkan pid adalah karena infeksi menular seksual. Biasanya penyakit kelamin seperti gonore dan klamidia yang disebabkan oleh bakteri dapat menjadi penyebab seorang wanita mengalami infeksi pada leher rahim dan sehingga bakteri menyebar dan menginfeksi organ reproduksi bagian atas. 

Selain itu, beberapa bakteri yang berada di area vagina dapat mengakibatkan terjadinya radang panggul Bakteri ini akan melewati vagina dan menginfeksi organ reproduksi lainnya pada wanita. Beberapa faktor yang meningkatkan seorang wanita mengalami pid adalah:

• Menderita penyakit menular seksual

• Memiliki lebih dari satu pasangan seks

• Aktif melakukan hubungan seksual di usia muda

• Menggunakan alat kontrasepsi yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi dan peradangan

Jika Anda seorang wanita yang sering melakukan hubungan seksual bebas akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Berhubungan seksual tanpa pengaman dengan banyak pasangan seks akan mempercepat terjadinya infeksi.

Ketahuilah Gejala Radang Panggul Pada Wanita

Banyak wanita di usia muda yang aktif melakukan hubungan seksual tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit radang panggul. Berikut ini beberapa gejala radang panggul yang harus Anda ketahui:

– Nyeri pada perut, gejala yang paling umum pada pid adalah terasa nyeri pada perut bagian bawah. Kondisi seperti ini mungkin normal di alami oleh wanita saat mendekati masa menstruasi, namun rasa sakit akan terasa sangat luar biasa di luar masa menstruasi.

– Sakit Saat Buang Air Kecil, selanjutnya gejala pid adalah ditandai dengan rasa sakit saat buang air kecil. Kondisi ini bukan gejala yang utama pada dari penyakit radang panggul. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan saat Anda mengalami rasa sakit saat buang air kecil.

– Mengalami keputihan tidak normal, wanita yang mengalami pid akan ditandai dengan keputihan tidak normal. Keputihan abnormal menjadi salah satu tanda adanya penyakit berbahaya yang sedang menginfeksi wanita. Saat Anda mengalami keputihan tidak normal bisa jadi Anda sedang mengalami gejala radang panggul.

– Terasa sakit saat berhubungan seksual, saat bakteri menginfeksi organ reproduksi Anda akan mengakibatkan peradangan dan menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini bisa jadi salah satu gejala dari radang panggul.

Inilah Bahaya PID Jika Tidak Di Atasi

Umumnya, jika penyakit ini di tangani sedini mungkin tidak akan menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Namun, jika tidak segera ditangani akan mengakibatkan komplikasi yang sangat berbahaya pada wanita yang menderita penyakit ini. Berikut ini beberapa bahaya yang akan ditimbulkan pid adalah:

– Pembentukan Jaringan Parut, komplikasi pid yang tidak diatasi akan menyebabkan terjadinya pembentukan jaringan parut di luar maupun dalam saluran tuba yang menyebabkan penyumbatan pada tuba.

– Infeksi Berulang, Jika Anda mengalami radang panggul dan tidak melakukan penanganan akan mengakibatkan infeksi yang berulang dan mengakibatkan kerusakan permanen pada ginjal.

– Infertilitas, seorang wanita yang menderita radang panggul akan mengalami komplikasi yang sangat berbahaya yang diakibatkan dari pid adalah mengalami ketidaksuburan atau menyebab wanita tidak dapat hamil.

Selain tiga bahaya di atas, komplikasi yang diakibatkan oleh pid adalah wanita akan mengalami kehamilan ektopik atau kehamilan diluar kandungan yang akan menyebabkan bayi lahir secara prematur.

Cara Mencegah PID

Untuk mencegah pid adalah dengan menjaga area kebersihan Miss V agar tetap bersih dan terhindar dari infeksi bakteri. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pid adalah:

• Hindari aktivitas seksual yang tidak aman

• Bersihkan area Miss V dengan benar

• Konsumsi air putih dalam jumlah yang banyak untuk mencegah terjadinya ISK yang dapat mengakibatkan PID

• Membersihkan area kewanitaan sesudah melakukan hubungan seksual

• Hindari kebiasaan menahan buang air kecil

Jika Anda mengalami gejala seperti sakit pada bagian panggul dan nyeri saat buang air kecil bisa jadi Anda sedang terinfeksi penyakit berbahaya ini. Segera lakukan pemeriksaan sedini mungkin dengan dokter ahli ginekologi untuk mencegah terjadinya komplikasi dan bahaya yang bisa disebabkan oleh penyakit ini.

Radang panggul dapat diatasi dengan menggunakan produk dari gogomall, yaitu lumbar. Miliki dan dapatkan harga dr laser dan lumbar di gogomall dengan promo yang menarik.