Akses pendidikan memang sudah semakin mudah di era modern seperti sekarang. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya
sekolah PAUD yang kini dapat ditemukan di berbagai tempat. Namun banyaknya PAUD yang ada juga membuat orang tua menjadi bingung dalam menentukan. Tidak perlu risau, anda bisa memperhatikan beberapa poin berikut dalam memilih PAUD terbaik untuk si kecil.

Memilih PAUD Terbaik untuk Anak

1. Lihat Lisensi dan Reputasi

Cara pertama dalam memilih sekolah yang wajib untuk diterapkan yaitu memperhatikan lisensi dan reputasi dari PAUD terkait. Karena dengan adanya lisensi, maka menjamin bahwa PAUD tersebut berkualitas dan dapat mempertanggung jawabkan keselamatan serta kesehatan buah hati. Reputasinya yang gemilang akan memperkuat penilaian mengenai kualitas sekolah.

2. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Tidak hanya melihat lisensi dan reputasi saja, namun orang tua juga perlu mencari informasi lainnya sebanyak mungkin. Bahkan bukan hanya mencari informasi mengenai satu sekolah, sebaiknya anda sekaligus mencari beberapa sebagai referensi dan perbandingan. Dimana anda bisa meminta rekomendasi dari keluarga atau teman, maupun melakukan riset sendiri di website 0nline.

Dari berbagai sumber tersebut, jangan untuk menanyakan dan mencari tahu mengenai cara pendaftaran, biaya, jadwal harian, jarak lokasinya dari rumah, waktu sekolah, program belajar, dan lain sebagainya. Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter anak terlebih dahulu sebelum memilih, khususnya apabila si kecil memiliki masalah kesehatan mental atau masalah medis.

3. Perhatikan Kurikulum dan Metode Pengajaran

Sama seperti jenjang sekolah lain pada umumnya, sekolah PAUD juga bisa mempunyai kurikulum dan metode pengajaran yang berbeda antara satu sama lain. Tentunya kurikulum yang baik mempunyai jadwal harian yang mencakup variasi waktu. Misalnya jadwal untuk kegiatan kelompok dan individu, aktivitas fisik, waktu luang untuk makan, bermain, olahraga, belajar, dan lain sebagainya.

4. Perhatikan Sikap Para Guru dan Staf

Anak anak cenderung mengikuti perlakuan dan cara bicara orang dewasa di sekitarnya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana sikap para guru dan staf yang ada di sana terhadap anak anak. Dimana seorang guru yang baik harus ramah, antusias, bertanggung jawab, dan peduli.

5. Perhatikan Fasilitas

Cara lainnya dalam memilih sekolah PAUD yaitu dengan memperhatikan fasilitasnya. Seperti ruang perawatan untuk siswa yang sakit, perpustakaan, maupun sarana lainnya untuk kegiatan yang disukai si kecil. Contohnya sarana untuk membaca dongeng, berolahraga, bermain musik, menari, atau lainnya. Ini perlu diperhatikan karena mampu mendorong kemampuan dan kreativitas anak.

Jika menerapkan beberapa cara di atas, anda berpeluang besar mendapatkan PAUD terbaik bagi buah hati. Yang mana salah satunya yaitu Sekolah Murid Merdeka yang memiliki berbagai jenjang pendidikan termasuk PAUD. Tidak hanya didampingi oleh guru dan staf berkualitas, namun SMM didukung oleh fasilitas memadai untuk mendorong perkembangan si kecil.