Madu banyak memiliki faedah kesehatan untuk manusia. Selainnya dimakan dengan cara langsung, beberapa orang menambahkan madu pada minuman atau makanan supaya rasanya lebih nikmat. Madu dengan kwalitas yang bagus bisa tahan lama. Sampai, bahan pangan berasal dari lebah ini bisa tahan lama sepanjang tahun apabila diletakkan secara betul. Madu Yaman Sidr Asli

Berikut di bawah ini 5 trik menaruh madu yang betul supaya bertahan lama:

1. Taruh madu dalam tempat tertutup , madu semestinya ditaruh dalam tempat tertutup, baik gunakan tempat aslinya, tempat plastik, atau stoples kaca. Namun, gak boleh taruh madu dalam tempat dengan bahan logam buat supaya tidak berlangsung proses oksidasi.

2. Tak boleh masukan madu ke kulkas Menurut Ketua Grup Tani (KTH) Sadar Tani Muda, Iyan Supriyadi, madu cukup peka kepada temperatur. “Di temperatur spesifik ia (madu) akan mengenyam kerusakan. Sebab itu, penyimpanan madu itu gak diminta di freezer atau dalam kulkas,” kata Iyan yang seseorang peternak lebah madu di Dusun Bojongmurni, kaki Gunung Pangrango. Iyan menerangkan, madu cukup hanya ditaruh dalam tempat dengan temperatur area yang tidak kering dan kurang begitu lembap. “Karena saat kita simpan dalam waktu lama dalam kulkas itu panik dapat menghancurkan kandungan yang berada di dalam madu,” paparnya.

3. Taruh madu dalam suhu tempat Madu dapat mengeras atau membeku waktu ditaruh dalam almari pendingin. Apabila sudah demikian, madu mesti dihangatkan terlebih dulu supaya kembali cair sebelumnya dimakan. Oleh karena itu, taruh madu dalam temperatur tempat. Bila temperatur dalam rumah condong hangat atau sampai panas, mencari daerah yang sangat dingin di dapur.

4. Hindarkan madu terkena cahaya matahari langsung Iyan merekomendasikan buat menaruh madu di ruang dapur yang tidak terkena cahaya matahari langsung atau sumber panas yang lain, seperti kompor. Karenanya Iyan mengutarakan, madu yang terkena panas atau cahaya matahari bisa langsung berbusa, keluarkan gas, juga meletus. “Di saat ia (madu) terserang cahaya matahari itu kerap ada reaksi. Ia akan berbusa atau bergas. Sempat juga saya momen seringkali hingga sampai meletus,” papar Iyan.

5. Jauhi madu tercemar cairan lain Teknik simpan madu yang betul setelah itu jauhi penyimpanan yang terdapat resiko bikin madu tercemar dengan cairan lain. Pakai pun sendok kering saat ambil madu. Sedikit air bisa menimbulkan reaksi peragian di madu. Madu yang mengenyam peragian bisa memimicu mead, hingga kwalitas madu bakal menyusut.