Penghasilan Seorang Blogger (Publisher) Bisa Mencapau Milyaran Rupiah

5 Hal yang wajib diketahui jika ingin menjadi Blogger

 

Forum Media Informasi – Richard Wheeler, penulis novel fenomenal American West, pernah berkata bahwa orang yang ingin mimpinya menjadi kenyataan harus menghindari hidup. Kata-kata ini mengingatkan kita bahwa segala sesuatu yang kita impikan harus dikejar dengan kemampuan terbaik kita.

 

Tidak ada bidang di mana orang berciuman tanpa tujuan. Meski menjadi seorang blogger, selalu ada suguhan manis di akhir perjalanannya. Dari kata-kata Richard Wheeler, dia membuat kita sadar bahwa segala sesuatu yang memiliki risiko tetapi bermain memiliki manfaat.

 

Dalam banyak kesempatan, saya sering bertemu dengan orang-orang yang tertarik dengan dunia blogging. Tapi hanya niat mulut. Setelah berkeliling selama satu atau dua bulan, ternyata blogger pemula itu melunak dan kembali ke dunianya yang lain.

 

 

Ada banyak alasan mengapa terkadang seseorang tidak ingin melanjutkan pekerjaannya di dunia blog. Salah satu alasan untuk tidak menemukan alasan mengapa Anda harus login. Jika ini tidak ada, maka cerita seorang blogger sudah berakhir. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu saya menulis tentang motif ini.

 

Pada artikel kali ini, Tampancips akan memperkuat alasan kenapa Anda harus login dengan menghadirkan 5 keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda aktif blogging. Manfaat ini tentunya tidak hanya dari pengalaman saya, tetapi dari banyak kasus dan orang-orang di sekitar saya. Apa pun? Berikut daftar lengkapnya!

 

5 Hal yang wajib diketahui jika ingin menjadi Blogger

 

1. Menjadi penulis hebat

Raditya Dika menghasilkan banyak buku karena mulai menulis. Penulisannya tidak langsung di buku, melainkan melalui media blog. Tak ada yang menyangka Raditya bisa menjadi penulis ciuman dari coretan kecilnya di blog.

 

Semua penulis yang memulai blogging pasti mulai ragu-ragu. Menulis sepertinya mudah, namun terkadang akan sulit jika kita tidak terbiasa. Salah satu cara untuk mempersiapkannya adalah dengan menulis. Tempat paling ideal untuk memulai adalah, tentu saja, sebuah blog. Semakin banyak kita mencoba dan belajar, semakin percaya diri dan keamanan kemampuan kita akan meningkat.

 

Jadi jika Anda memiliki janji untuk menjadi penulis, buatlah blog dan isi dengan tulisan Anda sendiri. Apapun itu. Seiring berjalannya waktu, kemampuan awal menulis akan meningkat seiring dengan kecintaannya pada dunia menulis.

 

2. Stagnasi menjadi merek pribadi

Salah satu teman saya di Makassar ditawari perusahaan pertambangan besar karena melihat postingan yang dia posting di blog pribadinya. Perusahaan itu kagum dengan kemampuan teman saya untuk memproses kata-kata dalam sebuah cerita. Singkat cerita, ia direkrut selama 3 tahun untuk mengelola majalah internal perusahaan. Gajinya juga cukup tinggi.

 

Ini adalah contoh kecil dari manfaat blogging yang bisa kita dapatkan. Blog akan menjadi personal brand bagi pemiliknya. Di Amerika Serikat, 9 dari 10 perusahaan akan memeriksa portofolio pelamar potensial di perusahaan mereka dengan mengikuti jejak mereka di dunia onnline. Salah satu cara untuk mengubahnya menjadi nilai tambah tentu saja dengan meningkatkan portofolio.

 

Portofolio yang bagus ya, blog yang kita kelola. Oleh karena itu, rugilah seseorang yang blognya mengandalkan copy paste tulisan orang lain.

 

3. Bangun jaringan pertemanan

Salah satu kelebihan blog adalah jangkauannya yang tidak terbatas. Oleh karena itu, akan mudah bagi seorang blogger untuk membuat jaringan pertemanan yang tidak terbatas. Salah satu pembaca Tampancips, misalnya, pernah mengirim email dan mengaku sedang berada di Thailand, padahal aslinya orang Indonesia.

 

Ini menjadi contoh, sebuah blog akan sangat membantu kita membuat jaringan baru dan tanpa batas. Apalagi jika pemilik atau administrator blog juga merupakan orang yang outgoing, tidak sombong dan mudah bergaul. Dengan jaringan pertemanan yang baik, suatu saat Anda akan mendatangkan keuntungan yang besar, salah satunya adalah kemudahan dalam membangun bisnis.

 

Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan pembaca blog Anda, cobalah untuk melakukan kunjungan baru agar suatu saat tercipta sistem pertemanan. Saya selalu berterima kasih kepada orang-orang yang mengunjungi blog ini dan memberi komentar. Saya akan selalu mencoba untuk mengunjungi kembali dan mengomentari blog jika memang menarik.

 

4. Menjadi orang yang sosial

Di tengah penggunaan internet yang semakin masif di Indonesia, interaksi seseorang di dunia nyata sedikit banyak berkurang. Orang akan lebih suka mengungkapkan masalahnya di dunia maya. Kondisi ini membuat banyak orang semakin tertutup, namun senang mencari solusi di Internet.

 

 

Seorang blogger yang baik adalah yang selalu bermanfaat bagi orang lain. Selalu hadirkan solusi atas suatu masalah, bukan yang menimbulkan kesan pesimis. Blogger yang selalu memberikan solusi kepada orang lain secara tidak langsung membentuk jiwa sosial.

 

Anda bisa bayangkan, misalnya, seorang gadis yang putus dan kemudian ingin bunuh diri. Jika Anda menemukan artikel di Internet yang tidak menenangkan Anda, maka upaya bunuh diri Anda akan segera dilakukan. Berbeda, misalnya, jika Anda menemukan artikel yang menegaskan dirinya, bisa jadi niat bunuh diri Anda hilang.

 

5. Menjadi orang yang berpengaruh

Arianna Huffington adalah contoh utama dalam dunia blogging yang hobi menulisnya telah membuatnya menjadi orang yang berpengaruh di Amerika. Karena tulisan-tulisannya yang kritis tentang politik di Amerika Serikat pada saat itu, blog pribadinya The Huffington Post menjadi outlet yang cukup berpengaruh, hingga akhirnya blog tersebut menjadi media komunikasi yang hebat.

 

Contoh lain adalah Linda Ikeji, seorang wanita muda dari Nigeria yang menulis apa saja di blog gratisnya yang membuatnya mendapatkan gelar wanita paling berpengaruh di negaranya. Semua orang mendapat gelar itu hanya karena hobi ngeblog.

 

Mungkin banyak blogger muda di Indonesia yang menjadi influencer hanya karena postingan blognya. Salah satu kunci untuk mencapai semua ini adalah menulis secara konstan dan aktif dari sebuah blog.

 

Semoga informasi ini bermanfaat