Memakai cincin sebagai pengikat pasangan merupakan salah satu tradisi yang masih ada hingga sekarang. Tentunya tidak boleh asal-asalan dalam memilih, misalnya model cincin kawin berlian yang elegan dan indah saat dikenakan. Biasanya calon pengantin akan berbahan emas bahkan berlian yang berkilau.

Rekomendasi Model Cincin Berlian Idaman untuk Pernikahan

Tips Memilih Model Cincin Kawin Berlian yang Tepat

Tak sedikit pasangan yang memilih model cincin yang bervariasi atau secara custom. Bentuk yang sesuai keinginan tentunya akan lebih berkesan untuk momen sakral dalam hidup. Beberapa pria mungkin tidak banyak tahu tentang bagaimana cara memilih cincin berlian yang pas untuk pasangannya.

Berikut ini beberapa tips saat akan membeli cincin berlian untuk pernikahan:

1. Pahami Karakteristik 4C

Anda harus mengetahui tentang 4C yaitu color, cut, clarity, dan carat weight. Ini merupakan standar yang dibuat untuk menentukan kualitas sebuah berlian dari GIA. Color berarti tingkatan warna berlian yang normal dengan skala D – Z mulai dari putih hingga berwarna kuning terang. 

Ada pula warna lain di luar warna normal seperti berlian merah muda, coklat, berlian oranye, berlian biru dan juga hijau yang biasa disebut dengan fancy color. Berlian yang paling bening merupakan yang paling tinggi pula nilainya.

Ada pula istilah cut yang merupakan kesempurnaan potongan berlian tergantung pada kilau cemerlang atau cahaya pantul. Sedangkan Clarity merupakan pengukuran berdasarkan jumlah mineral, lokasi, ukuran dan jenis mineral pencemar. Tingkat kemurniannya diukur dengan carat. Berikut jenis sertifikat yang diberikan GIA berdasarkan kejernihan berlian:

  • Flawless, 
  • Internal flawless, 
  • VVS1, 
  • VVS2, 
  • VS1,
  • VS2.

2. Memahami Bentuk, Gaya, dan Kualitas Potongan Berlian

Dalam memilih model cincin kawin berlian perlu memahami apa saja gaya bentuk dan kualitasnya. Bentuk bisa memengaruhi kesan mewah pada berlian tersebut. Adapun kualitas potongan dapat menentukan seberapa baik berlian dalam memantulkan cahaya.

3. Melihat dalam Kondisi Cahaya yang Berbeda

Faset berlian merupakan cermin kecil yang dapat memantulkan cahaya. Oleh karena itu terkadang terlihat berbeda dalam kondisi pencahayaan yang berbeda. Sebaiknya Anda melihat bendera dibawa 4 kondisi pencahayaan yang berbeda memilih dengan tepat.

4. Memilih Sesuai Gaya

Dalam memilih pastikan untuk menyesuaikan dengan keinginan pasangan bukan hanya selera kita saja. Hal ini agar nyaman digunakan dan lebih berkesan.

Berbagai Model Cincin Kekinian untuk Pernikahan

Setelah mengetahui bagaimana tips agar tepat saat memilih cincin, berikutnya Anda perlu mengetahui model cincin kawin berlian kekinian!

1. Cincin Oval

Bentuk oval memberi kesan yang modern dan menakjubkan sehingga tak lekang oleh waktu. Dengan bentuk ini maka berlian terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan cincin yang berbentuk bulat. Potongannya akan membuat penampilan semakin berkilau.

2. Vintage

Elemen vintage memberi kesan jadul namun juga bersejarah seperti pusaka keluarga. Di era modern masih banyak yang menyukai cincin dengan gaya yang unik. Kesan bersejarah ini juga memberi keunikan tersendiri pada hari spesial bersama pasangan.

3. Cincin Pear

Model cincin kawin berlian yang satu ini cukup naik daun dengan nuansa yang tak lekang oleh waktu. Potongannya cukup unik seperti yang dikenakan oleh beberapa selebriti dunia seperti Victoria Beckham dan Elizabeth Taylor. Batu berlian masih menjadi penghias cincin favorit disertai bentuk yang elegan.

4. Bentuk Halo

Bentuk ini cukup populer beberapa tahun ke belakang. Cincin halo dinilai dapat meningkatkan ukuran namun tetap berkilau. Terdapat berlian-berlian yang kecil mengelilingi batu yang ada di tengah. Hal ini menambah dimensi dan terlihat lebih besar.

5. Model Cincin Sederhana

Model yang tidak rumit dan simple masih menjadi incaran beberapa pasangan. Cincin yang sederhana dapat dikenakan setiap hari dan cocok dengan berbagai outfit. Pada bagian tengah bisa ditambahkan sedikit berlian dengan desain sederhana.

Itulah beberapa tips sebelum memilih cincin dan juga model cincin kawin berlian yang bisa menjadi rekomendasi untuk digunakan pada hari bahagia Anda. Pilihlah yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan kepribadian sehingga nyaman untuk dikenakan.

By Drajad