Anda barangkali sempat dengar mengenai Adobe Photoshop, meskipun Anda bukan seorang pendesain grafis professional. Program ajaib ini benar-benar berguna untuk meningkatkan baik usaha atau sekedar untuk hoby koreksi. Walau kedengar susah, sebetulnya belajar photoshop benar-benar gampang untuk siapa saja yang ingin cobanya.

Belajar photoshop akan menolong anda khususnya dalam membentuk bisnis dropshipping. Anda bisa memakainya untuk membikin gambar seperti mockup pakaian untuk web Anda, mengubah dan tingkatkan nilai visual satu produk, atau membuat iklan seperti iklan spanduk dan diagram pemasaran.

Langkah Memakai Photoshop : Panduan Photshop Untuk Pemula

Bila Anda tidak mempunyai pengalaman memakai software design grafis, tidak boleh cemas. Panduan ini akan memperlihatkan ke Anda beberapa dasar mengawali dan pelajari langkah mengubah photo dengan photoshop. Sesudah Anda pelajari dasar-dasarnya, Anda bisa berpindah ke panduan Photoshop tingkat menengah.

Apakah itu Photoshop ?

Adobe Photoshop ialah software koreksi dan design grafis yang dipakai oleh beberapa ribu orang dalam beragam peranan di penjuru dunia. Bukan hanya untuk photo tapi Anda bisa memakai Photoshop untuk membuat web, mengubah video, dan membuat kreasi seni 3D.

Saat sebelum Anda mulai memakai Photoshop, anda lebih dulu mendowload softwarenya. Sesudah usai download, install software photoshop pada desktop atau netbook anda.

Pengenalan Photoshop

Sebagai pemula di Photoshop, penting untuk pahami anatomi interface photoshop saat sebelum Anda mulai. Saat Anda buka programnya, Anda akan menyaksikan menu khusus pada bagian atas, seperti program lain. Di sejauh segi kiri, Anda akan menyaksikan sidebar yang memperlihatkan tools khusus. Disebelah kanan, Anda akan menyaksikan tools warna (colour) dan layer.

Langkah buka File di Photoshop

Untuk membikin document baru atau buka file di computer Anda, click “File” di menu atas kiri. Tentukan “New” untuk membikin document baru. Atau click “Open” untuk buka computer Anda dan buka file yang ada.

Saat Anda membuat document baru, kotak diskusi akan ada. Pada kotak diskusi itu, Anda bisa memberikan nama file dan pilih ukuran dan resolusi yang Anda harapkan. Hal Ini bermanfaat jika web Anda membutuhkan kapasitas file tertentu untuk supaya photo tampil maksimal dan tidak memperberat kinerja web.

Contoh Dimensi photo berikut lebar (wide) 880 piksel dan tinggi (tall) 450 piksel. Untuk resolusi, 72 pixel / inch ialah ukuran maksimal untuk gambar web. Tapi bila Anda ingin cetak photo berkualitas tinggi, kami anjurkan 300 pixel / inch.

Click OK bila anda usai

Ingat-ingatlah jika Photoshop akan me”lock” atau mengkunci document baru yang baru anda bikin, yang mana Anda tidak bisa mengubah langsung ke layernya. Untuk membuka, cukup click icon kunci pada nama layer dan lock itu akan lenyap.

Toolbox Photoshop

Toolbox pada sidebar sebagai senjata anda dalam mengubah photo atau tipe file lain. Tools yang ada di sidebar itu diatur dalam barisan berdasar perannya masing-masing :

Sisi atas tampilkan Selection, Cropping, dan Slicing Tools. Pakai Tools itu untuk pilih sisi dari gambar Anda yang ingin Anda ubah atau tambahkan, atau potong baigan anda harapkan.

Sisi ke-2 tampilkan Retouch and paint. Pakai ini untuk hilangkan bercak-bercak yang tidak diharapkan di suatu photo atau produk, hapus beberapa bagian tertentu, mewarnai, atau memberi dampak seperti Blurring atau Sharpening.

Sisi ke-3 ialah Tools Drawing dan Typing. Pakai ini untuk menulis text di atas gambar Anda atau menyelipkan gambar ke photo dengan memakai Tool Pen.

Setiap Anda mengeklik salah satunya sidebar segi kiri, Anda akan menyaksikan pilihan tool ada di bawah menu khusus atas.

Langkah Memakai Photoshop

Langkah Memakai Layer di Photoshop

Layer ialah feature penting untuk dimengerti saat Anda belajar langkah memakai Photoshop, bahkan juga untuk panduan Photoshop yang paling dasar. Mempunyai knowledge base mengenai feature ini bisa menolong anda dalam kuasai softwarenya.

Anda dapat memikirkan Layer seperti lembar kaca yang ditumpuk keduanya. Saat Anda memakai banyak layer, lebih gampang untuk mengubah satu sisi dari gambar Anda tanpa mengacau sisi yang lain.

Anda bisa secara mudah menambahkan atau hapus layer, dan meng”hide” atau meminimize mereka dengan mengeklik icon bola mata di samping kiri tiap nama layer.

Pada contoh di atas, Anda bisa menyaksikan ada tiga tipe layer : satu untuk simbol pada bagian bawah, satu untuk text, dan satunya kembali untuk gambar latar belakang. Kami benar-benar merekomendasikan Anda memberikan nama layer yang anda bikin supaya tidak kebingungan. Cukup click 2x layer yang anda harapkan lalu selipkan nama yang anda ingin.

Langkah Memakai Pen Tool di Photoshop

Pen tool memungkinkannya Anda menggambar wujud yang anda sendiri harapkan. Pen Tool mempunyai empat opsi yang lain yakni :

Standar Pen : untuk menggambar kurva dan fragmen lempeng

Curvature Pen : untuk menggambar fragmen lempeng dan kurva secara intuitif

Freeform Pen : untuk menggambar secara bebas, seperti Anda memakai pena dan kertas

Magnetic Pen untuk menggambar lajur yang menjepit ke tepi-tepi tertentu yang ditetapkan, supaya lebih tepat

Misalkan, Anda bisa menggambar bintang dengan mengeklik beberapa bagian di mana Anda ingin pojok bintang ada. Untuk tutup bintang, click anchor poin pertama kali yang Anda gambar.

Langkah menggambar wujud Curve :

Langkah Memakai Tipe Tool di Photoshop

Tipe tool ialah tool untuk menyelipkan kalimat pada gambar anda Saat Anda meredam icon Tipe Tool di toolbox kiri Anda, bakal tampil pilihan untuk menulis secara horizontal atau vertikal.

Seperti tool yang lain, akan ada semakin banyak pilihan di bawah menu khusus saat Anda mengekliknya. Anda dapat mengubah memakai panel Watak, yang nanti munculkan beberapa pilihan tambahan kembali.

Langkah Memakai Gradient Tools di Photoshop

Gradient ialah peralihan warna yang lembut di antara dua ataupun lebih warna. Gradien membuat latar belakang kelihatan memikat buat photografi produk atau iklan anda. Tool Gradient menjadi langkah simpel untuk menambah warna dan penampilan yang semakin kompeten.

Langkah membuat gradient :

Click icon paint bucket. Tahan sampai menu ada. Lantas Tentukan “Gradient Tool.”

Pakai menu pilihan yang ada di bawah menu khusus. Bila Anda mengklik menu dropdown, Anda akan mendapati gradien standar untuk diputuskan.

Anda bisa juga membuat gradient anda sendiri dengan mengeklik bar nya daripada pilihan dropdown. Nanti akan ada Editor Gradient di mana anda dapat membuat versus gradient anda sendiri.

Sesudah Anda pilih tipe gradien yang Anda harapkan, click OK. Saat ini Anda bisa menariknya ke document Anda dengan mengeklik sisi mana saja di file anda, geser mouse Anda ke bawah, dan ambil garis di titik di mana Anda ingin gradien usai. Misalkan, bila Anda inginkan gradien berbentuk diagonal, Anda bisa mengeklik pojok atas kiri document Anda dan menggeret sampai ke pojok kanan bawah.

Dan berikut ialah outputnya :

Di bagian menu di atas, ada 5 tipe gradien yang dapat anda tentukan :

Linier gradient : Garis lempeng, yang disebut contoh di atas.

Radial gradient : Skema melingkar, ke luar secara simetris dari titik awalnya.

Angular gradient : Sapu sama arah jarum jam yang berputar-putar disekitaran titik awalnya Anda.

Reflected Gradien: Gradien linier cermin di ke-2 segi titik awalnya Anda.

Diamond gradient: Skema berlian dari pojok tengah ke luar.

Langkah Memakai Lasso Tool di Photoshop

Peranan dari lasso tool photoshop ialah alat untuk menyortir object dengan sistem draw. di sini kita membuat penyeleksian seakan kita sedang menggaris bebas tanpa garis. tool ini benar-benar free hand, kualitas penyeleksian bergantung dari kekuatan kita menarik garis penyeleksiannya.

Ada 3 pilihan yang dapat anda tentukan dalam Lasso Tool :

Standar Lasso : Untuk memakai ini, cukup menggambar wujud yang ingin Anda potong sekalian meredam click mouse. Disarankan untuk kembali lagi ke titik awalnya untuk mengatur langkah proses penyeleksian lasso ditutup. Bila Anda tidak kembali lagi ke titik awalnya, lasso itu akan menarik garis lempeng di antara titik awalnya dan akhir untuk akhiri proses penyeleksian.

Polygonal Lasso : Umumnya tool ini dipakai untuk menyortir object dengan skema garis lempeng dengan sedikit garis lengkung. Triknya click setiap sudutnya, tetapi perlu di ingat jika titik awalnya click ialah titik pada akhirnya.

Magnetic Lasso : Tool lasso yang automatis ikuti object yang ingin disaring tetapi tidak dapat menyortir dengan detil.

 

 

Baca Juga : download source code

Sumber : source code lengkap di JasaSkripsi

By dzail