Definisi Haji Plus dan Sejak Kapan Ada Program Ini

Haji plus adalah salah satu metode keberangkatan haji yang ada di Indonesia. Ibadah sendiri Haji adalah rukun Islam kelima yang akan melengkapi keimanan seorang muslim, oleh karena itu ibadah haji menjadi mimpi bagi umat muslim di seluruh dunia terutama Indonesia. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang program haji khusus atau plus.

Mengenal Jenis Ibadah Haji

Indonesia mengenal tiga metode dalam keberangkatan ibadah haji menuju tanah suci. Metode tersebut adalah haji reguler, haji plus kuota, dan haji khusus non kuota. Semua metode keberangkatan ini akan menentukan berangkat atau tidaknya calon jamaah menuju tanah suci.

Apa Itu Haji Plus?

Haji program khusus adalah program keberangkatan haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta, atau disebut sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Hal ni sedikit berbeda dengan program haji reguler, yang diselenggarakan langsung oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Meskipun dilaksanakan oleh pihak swasta, pelaksanaan program keberangkatan ibadah haji ini tetap diawasi oleh Kementerian Agama, sehingga pemerintah turut serta menjaga jamaah program haji ini.

Program haji ini memiliki tarif yang lebih tinggi dibandingkan haji reguler. Namun, program haji ini memiliki waktu pelaksanaan dan juga waktu tunggu yang lebih singkat dibandingkan program haji reguler.

Program ini adalah sebuah terobosan bagi Anda yang ingin segera melakukan ibadah haji, tanpa harus menunggu antrian panjang karena keterbatasan kuota.  Tentu saja kelebihan ini harus didukung dengan kemampuan finansial yang baik.

Masa Tunggu Haji Plus

Untuk masa tunggu antrian haji, pada program haji khusus ini sistem yang diterapkan berbeda dengan program haji reguler.

Sistem yang dipakai oleh program reguler akan berbeda sesuai dengan domisili KTP calon jamaah haji, sehingga waktu tunggu juga beragam berkisar antara 15 hingga 20 tahunan.

Sedangkan untuk program haji plus, waktu tunggu untuk calon jamaah haji lebih singkat, yakni antara 5 hingga 7 tahunan.

Kuota program ini ditentukan secara nasional dan tidak berdasarkan domisili KTP, sehingga persebaran masa tunggu akan merata untuk calon jamaah haji seluruh Indonesia.

Kelebihan Program Haji Plus

Salah satu hal yang membuat calon jamaah haji sedikit risau adalah tentang lamanya masa tunggu, hal ini terkait dengan usia dan juga kondisi fisik dari para calon jamaah haji.

Sehingga  program haji khusus hadir sebagai jawaban dengan menghadirkan fasilitas lebih, juga waktu tunggu dan pelaksanaan yang lebih cepat.

Fasilitas yang Diterima Jamaah Haji Plus

Para calon jamaah haji plus akan mendapatkan pengarahan dan juga bimbingan tentang manasik. Untuk pelaksanaan manasik, peserta program haji khusus akan mendapatkan bimbingan di hotel, atau tempat khusus yang disediakan oleh pihak travel.

Selain bimbingan manasik khusus, calon jamaah program khusus akan mendapatkan fasilitas penerbangan langsung tanpa transit menuju Jeddah.

Penginapan yang didapatkan oleh jamaah haji khusus juga merupakan hotel bintang 5, yang letaknya berada di kawasan Masjidil haram dan Masjid Nabawi.

Awal Mula Haji Plus

Sebenarnya, program haji khusus telah lama diselenggarakan dan diorganisir secara mandiri oleh travel biro haji. Namun sejak tahun 2004, mekanisme dan juga pendaftaran jamaah program haji khusus dikelola oleh pemerintah. Walaupun dalam pelaksanaanya segala fasilitas tetap diselenggarakan oleh pihak travel.

Persyaratan Haji Plus

Persyaratan untuk mengikuti program haji khusus adalah pasport asli yang masih berlaku, fotokopi KTP dan KK, Fotokopi buku nikah bagi suami istri yang berangkat bersama dibawah usia 45 tahun, fotokopi akte anak apabila berangkat bersama ayah kandung, dan terakhir adalah pas foto ukuran 4×6 sejumlah 6 lembar.

Segala kelebihan yang ditawarkan program haji plus tentunya diidamkan oleh seluruh umat muslim. Maka dari itu segera atur keuangan Anda dan mantapkan hati Anda, untuk dapat mewujudkan ibadah haji di tanah suci.

By chandra