Manfaat Aqiqah dan Cara Melaksanakannya

Manfaat Aqiqah dan Cara Melaksanakannya

Kelahiran sang buah hati ke dunia merupakan suatu kebahagiaan bagi para orang tua yang sudah menikah. Karena anak merupakan suatu anugerah dan rezeki dari Allah SWT yang wajib disyukuri. Maka dari itu banyak sekali orang tua dari bayi yang bersyukur dengan berbagai cara dari mulai memberi nama sampai melaksanakan aqiqahan.

Nah biasanya dari keluarga bayi melaksanakan aqiqahan dengan memotong hewan kambing. Untuk bayi laki-laki jumlah kambing yang disembelih adalah dua, sedangkan untuk bayi perempuan hanya satu kambing saja. Dan biasanya juga ada orang tua yang tidak mau repot dengan memesan paket aqiqahan seperti di Aqiqah Cilacap. Inilah manfaat Aqiqah dan tata cara melaksanakannya:

1. Mendapatkan Pahala

Orang yang melaksanakan aqiqah tentu akan mendapatkan pahala dari Allah karena telah melaksanakan dan mengikuti sunnah dari Rasulullah. Hal ini merupakan keutamaan aqiqah yang paling utama. Karena dengan kita melaksanakan aqiqah artinya kita telah menunjukan rasa cinta kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam yaitu mengikuti petunjuknya.

2. Menghilangkan Penyakit dan Kotoran pada Bayi

Pada prosesi aqiqah biasanya juga dibarengi dengan mencukur rambut bayi yang baru lahir, tujuannya tentu untuk menghilangkan kotoran. Karena pada rambut bayi terdapat kotoran yang berasal dari plasenta dari dalam rahim. Jika tidak dibersihkan maka berpotensi menyebabkan penyakit.

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Niat melakukan aqiqah tentunya adalah karena untuk beribadah kepada Allah. Dengan melakukan aqiqah kita berusaha lebih mendekatkan diri kepada Allah. Ini merupakan keutamaan aqiqah yang luar biasa. Tentunya keutamaan ini bisa kita dapatkan jika niat kita benar-benar menyembelih untuk Allah.

4. Mendoakan Kebaikan Bagi Bayi

Dalam acara aqiqah tentunya dibarengi acara doa. Baik doa secara khusus maupun secara umum dari orang yang menerima hidangan aqiqah dari kita. Ini akan membuat si bayi menerima banyak doa-doa positif dari orang-orang yang insyaallah bermanfaat untuk kehidupannya kelak.

5. Mempererat Ukhuwah Sesama Muslim

Hidangan aqiqah yang kita bagikan kepada saudara-saudara muslim kita tentunya akan meningkat hubungan persaudaraan. Rasa solidaritas dan cinta dapat menjadi semakin kuat pada sesama muslim.

Demikianlah beberapa keutamaan aqiqah yang akan kita dapatkan. Apapun ibadah yang diperintahkan dalam islam pastinya memiliki keutamaan. Yang terpenting adalah kita melakukan semuanya iklash karena Allah dan semata-mata hanya mengharapkan ridho Allah. Dengan begitu kita akan mendapatkan manfaat aqiqah yang sesungguhnya.

 

Tata Cara Melaksanakannya:

1. Waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah:

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW ini, maka para ulama menyepakati bahwa waktu pelaksanaan aqiqah yang paling baik adalah pada hari ke-7 semenjak hari kelahiran. Namun jika berhalangan karena sesuatu dan lain hal, aqiqah dapat dilaksanakan pada hari ke-14 atau hari ke-21.

2. Syarat-syarat dalam memilih hewan untuk aqiqah:

Tata cara aqiqah dalam Islam menganjurkan hewan qurban untuk disembelih. Hewan dengan kriteria yang serupa dengan hewan kurban seperti kambing dan domba yang sehat adalah yang sebaiknya dipilih untuk prosesi aqiqah. Umur dari hewan ternak ini pun tidak boleh kurang dari setengah tahun.

3. Membagi daging hewan hasil aqiqah:

Dalam tata cara aqiqah menurut agama Islam, daging aqiqah yang sudah disembelih harus dibagikan kepada para tetangga dan kerabat. Namun terdapat perbedaan antara daging hasil aqiqah dengan daging kurban. Dalam bentuk pembagiannya, daging aqiqah harus diberikan dalam keadaan yang sudah matang, tidak boleh masih dalam kondisi mentah layaknya daging kurban.

4. Memberi nama anak pada saat aqiqah:

Dalam tata cara aqiqah, pada saat menyelenggarakannya disunnahkan juga untuk mencukur rambut si bayi dan memberinya nama yang memiliki arti yang baik. Karena, nama yang baik kelak akan mencerminkan perilaku serta akhlaknya kepada Allah SWT dan lingkungan sekitarnya.

5. Prosesi mencukur rambut pada saat aqiqah:

Mencukur rambut adalah salah satu hal yang terdapat dalam tata cara aqiqah. Rasulullah SAW sangat menganjurkan agar melakukan cukur rambut pada anak yang baru lahir di hari ke-7 nya. Dalam tata cara aqiqah menurut Islam, tidak terdapat hadits yang menjelaskan bagaimana seharusnya mencukur rambut si anak. Namun yang jelas pencukuran harus dilakukan dengan merata.

6. Bacaan doa saat menyembelih hewan aqiqah:

Berikut adalah bacaan doa yang harus dilafazkan ketika melakukan penyembelihan terhadap hewan aqiqah:

“Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.”

Artinya : “Dengan nama Allah, ya Allah terimalah (kurban) dari Muhammad dan keluarga Muhammad serta dari ummat Muhammad.” (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud)

7. Bacaan doa bagi bayi yang diaqiqahkan:

Berikut ini adalah bacaan doa bagi anak yang sedang diaqiqah:

“U’iidzuka bi kalimaatillaahit tammaati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli ‘ainin laammah.”

Artinya : “Saya perlindungkan engkau, wahai bayi, dengan kalimat Allah yang prima, dari tiap-tiap godaan syaitan, serta tiap-tiap pandangan yang penuh kebencian.”