main image

source gambar : blibli.com

Banyak orang mengeluh mengenai pemakaian laptop yang cepat habis baterainya. Padahal seperti Acer Swift 3 memiliki kapasitas baterai yang bisa bertahan sangat lama.

Beberapa hal yang mempengaruhi cepatnya baterai habis adalah cara charging yang salah, penggunaan aplikasi yang berlebihan, dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana caranya agar baterai laptop Acer ini bisa awet dan tahan lama?

  • Perhatikan Cara Charging yang Tepat

Cara merawat baterai yang tepat pertama adalah jangan di-charge sambil digunakan. Saat digunakan, laptop tentunya menggunakan dayanya untuk bekerja.

Jika sambil digunakan, proses pengisian baterainya tidak akan maksimal dan laptop bekerja secara berlebihan. Hal ini akan membuat baterai melemah dan bisa rusak dengan cepat.

  • Jangan Sampai Baterai Ngedrop

Perhatikan notifikasi baterai saat menggunakan laptop ini. Penggunaan baterai paling minimal berada di range 30%.

Jika sudah masuk di range tersebut, Anda harus segera mengisi ulang. Hal ini akan membuat baterai tetap awet dan tahan lama.

  • Kecerahan Layar Jangan Berlebihan

Kecerahan layar menghabiskan banyak daya yang membuat baterai cepat habis. Karena itu, Anda harus menyesuaikan kecerahan layar dengan pencahayaan di dalam ruangan.

Saat ruangan terang, gunakan kecerahan yang juga terang, begitu juga saat cahaya ruangan gelap. Dengan mengatur kecerahan tersebut, pastinya baterai akan lebih hemat.

  • Jangan Gunakan Aplikasi Jika Tidak Perlu

Biasanya ada beberapa aplikasi yang berjalan di latarbelakang. Hal ini tentunya akan membuat laptop bekerja lebih keras dan membuat daya terkuras.

Dengan mengurangi pemakaian aplikasi yang berjalan di latar belakang akan membuat baterai awet.

  • Jangan Gunakan Laptop Secara Berlebihan Hingga Overheat

Jika laptop digunakan secara berlebihan akan membuat baterai mengalami overheat. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan pendingin khusus laptop.

Ketika laptop mengalami overheat membuat laptop bisa bekerja sangat keras, dan membuat baterai juga rusak. Sebaliknya, jika kondisi laptop dingin akan membuat laptop bisa bertahan lebih lama.

Itulah cara merawat laptop Acer Swift 3 agar tetap awet digunakan. Dapatkan laptop Acer Series di Blibli.com sekarang juga.

 

By sartika