kuliner solo

Rekreasi Kulineran di Solo atau Tempat Makan di Solo – Saat ditanyakan mengenai Solo, banyak orang langsung terpikir pada keraton atau daerah batik. Kota berjulukan “the Spirit of Java” ini mempunyai nilai budaya Jawa yang mengakar kuat. Budaya itu juga mewujud berbentuk kulinerannya yang sedap-lezat.

Karena itu, jika kamu bertandang ke kota yang berada di Propinsi Jawa tengah ini, belum komplet rasa-rasanya bila tidak mencicip kulineran uniknya. Selainnya menelusuri tujuan penuh daya tarik budayanya, kamu dapat sekalian berekreasi kulineran yang mengunggah hasrat. Ditanggung perut akan kenyang dan hati suka.

1. Soto Gading

Kulineran soto ayam tentu bagus jadi menu makan pagi saat berlibur di Solo. Soto Gading berikut yang terpopuler dengan nasi, mie soon, dan suwiran daging ayam. Kuah beningnya juga kaya dengan wewangian rempah hingga siap memberikan konsumsi energy untuk berkeliling-keliling kota.

Warung ini tawarkan beragam lauk untuk tambahan soto, dimulai dari telur puyuh, sosis, tempe goreng, dalaman sapi, perkedel kentang, sate uritan, sampai bakwan. Hadirlah sepagi kemungkinan agar tidak kekurangan stoknya. Ketenaran warung ini tak perlu ditanyakan kembali. Beberapa petinggi bahkan juga abonemen ke warung ini, seperti Joko Widodo, Megawati, Agum Gumelar, dan Silahkan Elka Pangestu. Tidak boleh ingin ketinggal, ya!

2. Pecel Solo Restoran

Selainnya soto, pecel solo ialah alternative makan pagi yang tidak kalah menarik. Makanan ini lengkap dengan beragam hidangan, dimulai dari dari nasi merah, daun kenikir, daun pepaya, daun bayam, kembang turi, dan jantung pisang.

Semua bahan makanan itu selanjutnya disirami sambal pecel hingga mendatangkan rasa manis dan pedas. Tidak boleh terlewat minum beras kencur atau temulawak jika makan di sini.

3. Timlo Sastro

Referensi tempat makan terbaik di solo setelah itu Timlo sastro, Sup ciri khas Solo ini memberi kesan-kesan berlainan dari sup umumnya. Walau sama berkuah kaldu bening, tetapi Timlo Sastro ini berisi hati, ampela, daging ayam, telur pindang, dan sosis Solo.

Kamu dapat melahap hidangan sedap ini dengan nasi putih hangat, sambal, dan perasan jeruk nipis. Cukup bayar sekitaran Rp25.000, kamu dapat mencicip seporsinya di warung yang telah berdiri semenjak tahun 1952 ini.

4. Sate Kambing Hj. Bejo

Jika kami ialah pecinta daging kambing, warung ini harus ada pada daftar rekreasi kulineran saat bertandang ke Solo. Daging yang dibuat jadi sate bungkus ini dibuntel dengan lemak kambing, lalu dibakar.

Ada juga menu yang lain untuk lengkapi kepuasan menu sate kambing, yakni gule, tongseng, tengkleng. Beritanya kembali, Presiden Joko Widodo kerap melahap sajian daging kambing pada tempat makan ini loh.

baca : 13 Masakan Indonesia yang Tersohor Sampai Luar negeri

5. Warung Lesehan Cabuk Rambak ” Bu Tuminah”

Berada di teritori Shelter PKL Teritori Stadion Manahan, Cabuk Rambak harus jadi sasaran rekreasi kulineran di solo. Kamu dapat menemui cemilan ini dimulai dari pagi sampai malam hari. Hidangan Cabuk rambak jadi kudapan terkenal untuk masyarakat Solo.

Selainnya jadi opsi menu makan pagi, cabuk rambak terhitung tipe cemilan yang nikmat dikonsumsi saat siang atau malam hari. Sajian berbentuk potongan ketupat dengan baluran sauce cokelat dalam pincuk (tempat dari daun pisang) ini akan buat tagih, dech!

Dengan cita-rasa nya yang unik dan harga yang termasuk murah membuat tempat makan di solo ini selalu ramai didatangi.

6. Warung Selat Mbak Lies

Telah berdiri lama, warung makan solo ini sediakan hidangan ciri khas Solo yang legendaris. Selat solo yang dibuat dari potongan daging sapi masak semur, galantin, dan telur rebus ini siap menggoyang lidah.

Selainnya iu, kepuasan makanan ini diperlengkapi dengan wortel, buncis, kentang goreng, daun selada, acar ketimun, dan potongan bawang merah. Kuah fresh dan sauce mustard yang dibuat dari cuka dan kombinasi kuning telur juga siap dikonsumsi dengan lahap.

7. Tengkleng Klewer Bu Edi
Saat bertandang ke Pasar Klewer, tidak boleh terlewat peluang untuk singgah ke arah tempat makan solo tengkleng Bu edi. Pas untuk menu makan siang, tengkleng klewer sebagai olahan tulang belulang dan dalaman kambing. Rasanya tentu buat suka karena renyah, fresh, dan agak pedas.

Buruan tiba ke lapaknya yang ada di segi utara pasar, karena hidangannya cepat habis dalam hitungan waktu. Anjuran ya, mulai berbaris semenjak jam 1 siang supaya bisa amankan jatah untukmu!

baca : 7 Tempat Liburan di Cibodas yang Mesti Disinggahi

8. Gudeg Ceker Bu Kasno Margoyudan

Gudeg memang kulineran ciri khas Jogja, tetapi Solo punyai tipe gudeg khusus dan antiknya. Selalu ramai konsumen, menu favorite dari warung makan terkenal di solo ini ialah ceker gudeg.

Struktur cekernya lunak hingga penikmatnya selalu ingin balik lagi. Bumbu makanannya juga berasa demikian cocok. Warung yang telah ada semenjak tahun 1970-an ini tentunya tidak mengkhianati lidahmu.

9. Tahu Kupat Cabang Mushola Solihin

Referensi tempat makan di solo setelah itu Warung tahu kupat “Sido Singgah” ini terpopuler dengan hidangannya. Kamu dapat menemui potongan tahu goreng, bakwan, mi kuning, kol, dan kacang yang disiram dengan kuah kecap.

Makin komplet kembali, kamu menikmatinya dengan krupuk gendar yang dibuat dari nasi. Berminat untuk coba tahu kupat favorite warga Solo, jadwalkan waktu untuk rekreasi kulineran solo di dekat Mushola Solihin ini, ya!

10. Nasi Liwet Wongso Lemu

Sajian ini jangan bisa lolos dalam perincian tempat makan yang perlu didatangi saat main ke Solo. Nasi liwet Sebagai nasi renyah yang dihidangkan di atas daun pisang bersama suwiran ayam, kamu akan nikmati sayur labu siam, telur, dan seperti bubur santan). Nasinya berasa demikian renyah karena diolah bersama santan.

Jika ingin menambahkan cita-rasa pedas, kamu dapat menambah cabai rawit di sajianmu. Membuka sampai pagi hari, nasi liwet ini pas untuk temani waktu bergadang.

11. Serabi Notosuman

Kulineran Solo ini termasuk juga salah satunya warung legendaris karena sudah ada semenjak 1923. Serabi yang dibikin dari adonan tepung beras dan santan mempunyai struktur halus dengan tepian yang gurih.

Antiknya, proses pembikinan serabi di sini masih tetap memakai alat tradisionil, yakni tungku kecil. Ada dua variasi rasa yang dapat kamu tentukan, yakni rasa polos dan cokelat. Kamu tak perlu mengambil kantong demikian dalam, cukup bayar Rp20.000-Rp25.000 untuk seporsinya, ya!

baca juga : wisata pulau macan resort

12. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Sesudah senang mencicip sajian makanan ciri khas Solo, sekarang waktunya istirahat sekalian nikmati segarnya Es Dawet Telasih Bu Dermi. Warung ini tawarkan es dawet yang berisi tape ketan, ketan hitam, jenang sumsum, biji telasih, santan, dan cairan gula.

Karena sangat disukainya, warung ini sudah digerakkan oleh angkatan ke-3  semenjak tahun 1930-an. Buktikanlah sendiri dech kesegaran rasa es dawet di sini.

Semakin tidak sabar untuk mencicip kulineran ciri khas Solo dari beragam tempat makan legendaris di Solo?