Perawatan Medis Vs Alami, Manakah Cara Memutihkan Ketiak Yang Terbaik?

7 Bahan Alami untuk Memutihkan Ketiak Secara Cepat, Bye Insecure!

Memiliki kulit ketiak putih dan cerah? Siapa yang tidak menginginkannya? Kulit ketiak yang putih dan cerah tak hanya menunjang penampilan namun juga menambah kepercayaan diri. Akan tetapi karena beberapa faktor, seperti penggunaan deodorant yang tidak tepat, banyaknya tumpukan sel kulit mati, atau bahkan disebabkan penyakit bisa membuat kulit ketiak menghitam. Tentu bagi wanita, ini akan membuat mereka tidak percaya diri apalagi jika menggunakan pakaian tanpa lengan. Lalu bagaimana cara memutihkan ketiak yang terbaik? Sebenarnya ada dua pilihan yang bisa anda coba, bisa menggunakan perawatan medis atau menggunakan bahan-bahan alami. Kedua cara ini sama sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing yang akan dibahas dibawah ini.

Memutihkan Ketiak Dengan Bahan Alami

Salah satu cara memutihkan ketiak yang cukup aman dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan yang ada di dalam rumah anda dan mungkin sering digunakan untuk keperluan lainnya bisa anda gunakan untuk memutihkan kulit ketiak, seperti bahan-bahan dibawah ini.

1. Lidah Buaya

Kandungan aloesin di dalam lidah buaya bisa menghambat pembentukan enzim yang dapat mengakibatkan pigmentasi kulit. Jika aktivitas enzim tersebut, akan sangat membantu mencerahkan kulit ketiak yang menggelap. Selain itu, lidah buaya memiliki sifat antibakteri serta dapat menenangkan kulit yang sedang iritasi. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan lidah buaya di permukaan kulit ketiak. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

2.Lidah Buaya

Air mawar kaya akan manfaat yang sangat baik untuk kulit. Mulai dari menenangkan, mencerahkan, menyeimbangkan pH kulit, dan juga melembabkan. Semua kandungan baik di dalam air mawar sangat membantu dalam cara memutihkan ketiak. Cukup basahi ketiak menggunakan air mawar dan kemudian diamkan 5-7 menit. Setelah itu bilas menggunakan air dingin. Ulangi Langkah tersebut secara rutin agar dapat hasil yang maksimal.

3. Tea Tree Oil

Cara memutihkan ketiak yang menghitam lainnya adalah menggunakan tea tree oil. Minyak essensial ini punya banyak manfaat bagi kulit, terutama untuk mengatasi kulit ketiak yang kehitaman. Penggunaannya pun juga cukup mudah, campurkan beberapa tetes minyak tea tree di dalam air. Kemudian oleskan pada permukaan kulit ketiak yang menghitam. Ulangi kembali langkah ini secara rutin selesai mandi.

Memutihkan Ketiak Dengan Cara Medis

Selain menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar, cara lain yang bisa dilakukan untuk memutihkan kembali kulit ketiak yang menghitam adalah melalui cara treatment atau medis. Dan untuk melakukan hal ini dibutuhkan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

1. Menggunakan Krim Oles Pemutih

Salah satu treatment pemutih kulit ketiak yang banyak dilakukan wanita adalah dengan menggunakan krim oles. Biasanya krim oles tersebut merupakan obat oles hidrokuinon. Kerja dari hidrokuinon ini adalah mencerahkan kulit ketiak yang menghitam. Bentuknya pun bisa berupa lotion, gel, krim, maupun cairan. Obat oles ini mungkin bisa anda dapatkan tanpa didampingi resep dokter, namun dengan kandungan hidrokuinon yang lebih sedikit tentunya.

Untuk mendukung agar hasil yang didapatkan bisa maksimal, biasanya dokter juga meresepkan obat tambahan lainnya seperti kortikosteroid atau tretinoin. Namun tak jarang obat yang diberikan telah mengandung ketiga zat tersebut.

2. Menjalani Terapi Laser

Cara memutihkan ketiak melalui terapi medis lainnya yang bisa dicoba adalah menjalani terapi laser. Terapi ini menggunakan laser yang ditujukan pada area ketiak dengan tujuan mengangkat pigmen kulit.

3. Peeling Kimiawi

Dalam prosedur ini, dokter nantinya mengoleskan bahan kimia pada kulit ketiak anda yang menghitam. Nantinya kulit yang diaplikasikan bahan kimia tersebut akan perlahan mengelupas dan memperlihatkan lapisan kulit baru yang lebih halus serta warnana lebih merata. Bahan kimia yang digunakan biasanya adalah AHA dan BHA (Asam Hidroksi Alfa dan Asam Hidroksi Beta). Setelah pengaplikasian mungkin hasilnya belum terlihat maksimal. Namun jika dilakukan rutin dan bertahap maka akan memberikan hasil yang maksimal.

Perlu diketahui jika anda ingin menggunakan cara medis sebagai cara memutihkan ketiak, akan lebih diutamakan bagi anda yang memiliki ketiak hitam dikarenakan kondisi tertentu seperti melasma atau lainnya. Jika tidak, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Lalu manakah yang terbaik antara cara alami dan medis? Jika anda menginginkan hasil yang lebih cepat dalam menghitamkan kulit ketiak maka anda bisa menggunakan pengobatan dan terapi dari dokter. Namun jika ingin cara yang lebih aman dan tanpa efek samping maka anda bisa menggunakan bahan-bahan natural.