3 Tempat Wisata Unik dan Menarik Di Miri Malaysia

File:Lambir Hills National Park - Pantu Waterfall.jpg - Wikimedia Commons

Salah satu kota besar yang ada di Malaysia adalah Miri. Perlu diketahui bahwa kota Miri yang merupakan kota berbatasan langsung dengan Brunnei Darussalam ini merupakan kawasan bekas tambang di Malaysia. Selain itu, kota Miri ini juga memiliki banyak tempat wisata yang unik dan menarik yang banyak dikunjungi para wisatawan. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan informasi tentang tempat wisata terdekat yang unik dan menarik di Miri Malaysia sebagai berikut :

  1. Lambir Hills National Park

Lambir Hills National Park ini merupakan salah satu taman nasional yang ada di Sarawak, Malaysia. Taman nasional yang memiliki luas 6.952 hektar ini dihuni oleh beragam spesies. Selain itu, di taman ini juga terdapat flora dan fauna khas Borneo yang dlindungi. Yang menariknya, taman ini terdiri atas hutan jenis dipterocarsp yang banyak ditumbuhi tanaman hebs, sawit, meranti, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. San Ching Tian Temple

Bukan hanya bangsa Melayu, di kota Miri juga masyarakatnya banyak dari keturunan Tionghoa. Sehingga tidak aneh kalau banyak pertokoan di kota ini yang ditulis dengan menggunakan huruf mandarin di bagian depan. Sedangkan orang asli Miri sendiri berasal dari suku Iban. Suasana Tionghoa semakin kental dengan adanya Klenteng Taoist yang merupakan tempat ibadah agama Tao. Klenteng yang memiliki luas 1,5 hektar ini merupakan klenteng terbesar di Asia Tenggara.

  1. Entulang Long Houses

Salah satu tempat wisata yang tidak boleh anda lewatkan saat berwisata ke kota Miri Malaysia adalah Entulang Long Houses. Dimana, Entulang Long Houses ini merupakan rumah asli masyarakat setempat yang memiliki ukuran cukup panjang. Entulang Long Houses ini sendiri terdiri dari kumpulan rumah satu keluarga yang berjejer dan terus menyambung tanpa sekat apapun. Hal ini dikarenakan adat istiadat setempat yang menyatakan bahwa seseorang yang menikah maka rumah keluarga barunya itu harus dibangun di samping rumah paling ujung.