Saat ini ada banyak cara untuk mengunduh musik dari Internet, serta banyak pilihan tempat mengunduh MP3. Seseorang dapat mengunduh MP3 mereka dari layanan seperti iTunes Music Store, Yahoo Music atau eMusic yang mengenakan biaya per lagu atau album. Atau seseorang dapat memanfaatkan spesial “kotak sereal” yang menawarkan unduhan musik gratis dengan pembelian produk tertentu.

Atau seseorang dapat mengunduh MP3 secara gratis melalui BitTorrent, Internet Relay Chat (IRC), File Transfer Protocol (FTP), atau layanan Peer-to-peer (P2P), seperti Kazaa. Ini adalah area abu-abu, jika Anda mau, dalam hal legalitas mengunduh MP3.

Dari memfotokopi halaman dari buku perpustakaan hingga merekam acara televisi ke TIVO dan mentransfernya ke DVD, di sana terletak area abu-abu tentang apa yang dapat diterima dan apa yang benar-benar ilegal. Napster menjadi sangat populer bukan karena menawarkan cara yang bagus untuk berbagi file tetapi karena seseorang dapat mengunduh MP3 yang tak terhitung jumlahnya tanpa membayarnya.

Either way orang melihatnya, mengunduh MP3 sangat populer di kalangan pecinta musik. Apple Computer Inc. baru-baru ini menjual satu-miliar lagu mereka melalui layanan iTunes-nya. Hal ini membuktikan bahwa konsumen bersedia membayar untuk musik mereka, tetapi bagaimana jika mereka sudah membeli musik tersebut dalam bentuk kaset atau compact disc? Apakah harus membayar lagi untuk memilikinya dalam format MP3?

Di situlah letak masalah lain di download lagu mp3 dalam wilayah abu-abu. Apakah mengunduh MP3 dari bittorrent ilegal jika Anda sudah memiliki lagunya? Argumen untuk masalah ini terus berlanjut. Industri rekaman musik menyatakan mencuri karena konsumen membayar lagu dalam satu format tertentu (misalnya kaset) dan tidak berhak atas format lain tanpa membayarnya. Penggemar musik berpendapat bahwa mereka membayar untuk penggunaan pribadi dari lagu tersebut, bukan formatnya.

Menyetujui aktivitas ilegal, saya tidak; namun, selama Anda tidak mendistribusikan konten ini baik secara online atau menjualnya di jalanan, sangat kecil kemungkinannya Anda akan benar-benar tertangkap dan dituntut karena hanya mencadangkan file media atau mengunduh lagu sesekali dari Internet.

Artis musik bahkan mendorong ini dengan menawarkan beberapa lagu mereka di situs Web mereka yang tersedia untuk diunduh secara gratis. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun basis penggemar dan menarik pendengar baru.

Kesimpulannya, bersenang-senanglah dengan koleksi MP3 Anda dan jangan biarkan semua tuntutan hukum dan pers negatif menghalangi Anda untuk membeli pemutar musik digital MP3 atau mengunduh musik dari Internet. Mainkan dengan aturan dasar dan Anda akan terkejut melihat betapa menyenangkannya Anda.

By nur