Mengobati Wasir Setelah Melahirkan

Ambeien atau wasir dapat terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah di anus. Kondisi ini sangat rentan terjadi pada ibu hamil dan setelah melahirkan. Biasanya karena faktor mengejan dalam melahirkan sehingga pembuluh darah pada dubur membengkak. Lalu bagaimana cara mengobati wasir setelah melahirkan?

Mengobati Wasir Setelah Melahirkan

Cara Mengobati Wasir Setelah Melahirkan

Wasir pada ibu hamil terjadi karena faktor tekanan pada rahim dan meningkatnya hormone progesteron. Namun tidak semua ibu mengandung dan melahirkan bisa terkena wasir. Jika Anda mempunyai benjolan ambeien ini, maka ikuti cara pengobatan berikut.

  1. Rendam Air Hangat

Air hangat dapat meredam pembengkakan, sehingga bisa Anda gunakan untuk mengatasi benjolan di anus akibat ambeien. Ini juga akan memberikan kehangatan sehingga pembengkakan tidak akan terasa nyeri serta secara perlahan akan menyusut benjolannya.

Cara merendam air hangat cukup mudah sekali, Anda bisa melakukannya di ember yang berisi air hangat, lalu merendam area dubur. Langkah ini bisa dilakukan 2-4 kali dalam sehari. Dengan melakukan ini dapat mencegah sembelit muncul lagi.

  1. Senam Kegel Secara Teratur

Selain makanan berserat serta olahraga juga dapat memperlancar pencernaan sehingga BAB tidak mengalami sembelit. Olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah senam kegel. Dengan gerakan ini dapat membantu peredaran darah ke dubur lancar.

Senam kegel ini juga dapat memperkuat otot-otot di sekitar anus sehingga mengurangi resiko ambeien setelah melahirkan. Apabila selesai mengalami kelahiran tetap terjadi sakit tersebut, konsultasikan ke dokter mengenai obat wasir berdarah.

  1. Membersihkan Bagian Anus Dengan Bersih

Membersihkan anus dengan bersih setelah melakukan BAB dapat meminimalisir pembengkakan akibat wasir. Karena ketika dubur dalam kondisi bersih, maka kondisi tersebut tidak akan tambah membesar.

Selain itu, apabila memungkinkan bersihkan dengan menggunakan air hangat untuk mengurangi adanya bengkak serta mengurangi rasa nyeri. .

Wasir sangat rentan terjadi pada ibu hamil dan pasca melahirkan. Ini bisa terjadi karena sejumlah faktor, seperti perubahan hormonal, mengejan terlalu kuat ketika BAB, dan lainnya. Anda dapat mengikuti cara tersebut agar bisa sembuh. Demikian informasinya semoga bermanfaat.