Kredivo vs Teman Prima, Bunganya Lebih Rendah yang Mana Ya?

Kalo ngomongin aplikasi pinjaman uang online, kita semua pasti pengennya bisa ketemu sama yang kasih bunga rendah dan limit tinggi dong. Bener nggak? Atau minimal banget, udah kedaftar di OJK dan aman digunain.

Tapi, tau nggak sih kalo jumlah aplikasi pinjaman yang sudah terdaftar di OJK itu udah banyak banget dan lebih dari 100? Pastinya bakal capek dan ribet banget kalo harus kita riset dan bandingin satu-satu buat nemuin yang bunganya paling rendah dan plafon tinggi.

Maka dari itu, buat membantu dan mempersingkat waktu kalian, saya bantu bikin ulasan berikut untuk membandingkan dua aplikasi pinjaman uang online yang ada di pasaran yaitu Kredivo dan Teman Prima.

Apa bedanya? Berapa jumlah limit pinjaman yang ditawarkan? Berapa bunga dan tenornya? Gimana cara daftarnya? Yuk langsung aja kita bahas satu per satu.

Bedanya Fintech Kredivo dan Teman Prima

Nah, perbedaan utama dari Kredivo dan Teman Prima ini kalo menurut saya ada pada jenisnya. Kredivo adalah aplikasi kredit instan, yang bisa digunakan untuk transaksi paylater di e-commerce, gerai offline, sampai pinjaman tunai. Lebih ke multifinansial. Sementara Teman Prima adalah aplikasi pinjaman uang online yang berkategori P2P lending.

Dengan Kredivo, kita bisa melakukan berbagai jenis transaksi dalam satu aplikasi, sedangkan dengan Teman Prima, layanannya khusus untuk pinjaman tunai aja. Udah kebayang kan ya, bedanya?

Yang terpenting, baik Kredivo maupun Teman Prima sama-sama sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK.

Bedanya Limit Pinjaman di Kredivo dan Teman Prima

Karena perbedaan kategori dan layanan yang ditawarkan, maka otomatis, limit pinjaman yang ditawarkan di Kredivo dan Teman Prima juga beda nih.

Secara keseluruhan, limit maksimal yang bisa didapat dari Kredivo adalah Rp 30 juta. Maksimal ya. Bukan berarti sekali daftar & disetujui langsung dapat limit segitu. Bisa jadi kita dapet di bawahnya, karena tergantung lagi sama profil kita sebagai pengguna.

Nah, limit ini bisa kita pake sesuai kebutuhan dan layanan yang tersedia di aplikasi Kredivo. Mulai dari: belanja di e-commerce atau toko offline rekanan Kredivo, beli pulsa, paket data, tiket pesawat, dll, langsung lewat aplikasi Kredivo, dan yang terakhir: dicairin jadi pinjaman.

Gimana caranya? Tinggal klik aja fitur “Pinjaman Tunai” yang ada di bagian depan aplikasi Kredivo. Pinjaman tunai yang bisa kita ajuin berlaku mulai dari 500 ribu sampai jutaan rupiah, maksimal sebesar limit untuk 6 bulan tenor di Kredivo. Kalo punya saya, maksimal limit buat pinjaman tunai yang bisa diajuin itu ada Rp 9 jutaan.

Di Teman Prima, limit untuk pengajuan pinjaman berlaku mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 5 juta. Karena layanannya spesifik hanya pada pinjaman, limit ini cuma berlaku buat pinjaman, nggak bisa dipakai untuk layanan lain-lain kayak yang ada di Kredivo.

Bedanya Bunga Pinjaman & Tenor di Kredivo dan Teman Prima

Kredivo memiliki tingkat suku bunga sebesar 2,6% per bulan untuk pinjaman tunai dengan pilihan tenor 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Sementara Teman Prima, memiliki tingkat suku bunga sebesar 0.06% per hari atau 1.8% per bulan dengan jangka waktu pinjaman mulai 91 hari sampai 1 tahun.

Di Kredivo, ada biaya admin yang akan dikenakan untuk pinjaman sebesar 6% dari total pinjaman. Biaya ini akan dipotong di awal sebelum pinjaman cair ke rekening kita sebagai peminjam. Begitu juga di Teman Prima, ada biaya pengelolaan yang akan dikenakan pada kita sebagai debitur. Sayangnya, saya nggak nemu info detail berapa biaya pengelolaan yang akan dipotong oleh Teman Prima sebelum pinjaman dicairkan.

Sebagai perbandingan: untuk pinjaman sebesar Rp 1 juta dengan tenor 6 bulan, di Kredivo simulasinya menjadi:

  1. Jumlah pinjaman pokok Rp 1 juta.
  2. Biaya admin 6% sebesar Rp60.000.
  3. Jumlah pinjaman yang akan diterima Rp940.000.
  4. Jumlah angsuran per bulan (beserta bunga selama 6 bulan) sebesar Rp192.670.

Di Teman Prima, simulasinya menjadi:

  1. Jumlah pinjaman pokok Rp 1 juta.
  2. Pinjaman akan dikurangi biaya pengelolaan (yang akan berbeda-beda sesuai jenis/nominal pinjaman).
  3. Jumlah angsuran per bulan (beserta bunga selama 6 bulan) Rp184.660.

Dari simulasi di atas, terlihat suku bunga dan simulasi pinjaman Kredivo dan Teman Prima punya perbedaan yang tipis. Di satu sisi, Teman Prima unggul karena bunganya, sementara Kredivo unggul karena transparansinya terkait biaya admin yang dibebankan. Dengan begitu, sebagai peminjam kita bisa tahu pasti berapa besaran potongan pinjaman sebelum meneruskan pengajuan.

Sayangnya, dibandingkan Kredivo, aplikasi Teman Prima di Google Play Store memiliki rating yang lebih rendah yaitu 2.9/5 sedangkan Kredivo ada di angka 4.7/5. Kalo buat saya pribadi, di dunia digital, rating pada aplikasi beserta ulasan pengguna sangat menentukan bagaimana performa atau layanan dari aplikasi tersebut.

Makanya waktu bandingin ini, saya pribadi akhirnya lebih milih untuk download Kredivo.

Bedanya Cara Pengajuan Pinjaman di Kredivo dan Teman Prima

Yang perlu diingat, sebelum download aplikasi pinjaman uang online kayak Teman Prima atau kredit online kayak Kredivo, pastiin juga kalo kita udah memenuhi syarat utama yang diberikan pihak aplikasi. Daripada udah download dan daftar ini itu ujung-ujungnya ditolak? Capek kan, buang-buang waktu.

Kebetulan, syarat daftar Kredivo terbilang gampang dan saya sudah eligible:

  1. Pendaftar adalah WNI berusia 18 – 60 tahun.
  2. Memiliki penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

Setelah download, daftarnya tinggal ngikutin aja instruksi yang ada di aplikasi Kredivo terus tunggu approval. Nggak lama, kalo saya cuma sekitar beberapa jam sejak submit pendaftaran. Abis itu, kalo disetujuin, baru deh bisa digunain tuh layanannya.

Kalo kamu tertarik pakai layanan Teman Prima, kamu harus memenuhi minimal 2 syarat berikut ini:

  1. Merupakan WNI yang berusia 21 sampai 60 tahun.
  2. Punya KTP dan rekening bank.

Selamat mencoba & semoga ulasan saya bisa membantu, ya!