Alarm kebakaran atau Fire Alarm penting ditempatkan pada gedung-gedung untuk mendeteksi kebakaran lebih awal.

Pada Fire Alarm terdapat banyak komponen yang menunjang kerja alat ini, salah satunya ialah Heat Detector atau Pendeteksi Panas.

Harga instalasi Heat Detector sendiri beragam sesuai jasa penyedia layanan. Biasanya instalasi Heat Detector dihitung per buah yakni sekitar Rp150.000,00.

Dengan adanya Heat Detector, panas yang disebabkan oleh kebakaran dapat segera terdeteksi agar tidak menjalar.

Hal ini juga dilakukan agar kobaran api dapat dengan cepat dipadamkan dan kerusakan yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

Perbedaan Jenis Pada Heat Detector

Sebelum melakukan penginstalan Sistem Fire Alarm dengan Heat Detector, ada baiknya simak penjelasan dua jenis Heat Detector berikut.

Rate of Rise (ROR) Heat Detector

Jenis Heat Detector yang pertama adalah Rate of Rise Heat Detector atau yang juga dikenal sebagai ROR.

Heat Detector ini merupakan jenis Heat Detector yang saat ini paling banyak digunakan karena tergolong ekonomis.

Cakupan Heat Detector jenis ROR juga cukup luas yakni mencapai 50 meter persegi dengan ketinggian plafon mencapai 4 meter.

Jika detector ini digunakan pada plafon yang lebih tinggi, cakupan deteksi berkurang menjadi 30 meter persegi selama tidak melebihi tinggi 8 meter.

Prinsip kerja heat detector jenis ini yaitu dengan mengamati perubahan temperatur sampai pada titik 55 hingga 63 derajat celcius.

Umumnya, apabila temperatur sekitar mencapai titik ini, maka sensor akan menangkap gejala kebakaran dan mengaktifkan kebakaran.

Fix Temperature

Jenis Heat Detector kedua adalah Fix Temperature. Walaupun mirip dengan jenis pertama, nyatanya Fix Temperature memiliki perbedaan.

Heat Detector yang satu ini dapat tahan dengan suhu sekitar 68 derajat celcius, sehingga cocok ditempatkan di ruangan yang agak panas.

Ruangan agak panas yang dimaksud biasanya meliputi ruang mesin, basement, dan sebagainya.

Area cakupan Heat Detector jenis Fix Temperature mencapai 30 meter persegi dengan ketinggian plafon 4 meter.

Sementara, jika plafon lebih tinggi dan berkisar antara 4 hingga 8 meter, maka area cakupan berkurang menjadi 15 meter persegi.

Penempatan kedua Heat Temperature ini ada baiknya disesuaikan dengan suhu ruangan agar tidak menimbulkan false alarm. Segera lakukan instalasi fire alarm sekarang ya.

Contohnya, ROR tidak cocok digunakan untuk ruang mesin karena ruangan ini cenderung panas sehingga ROR akan dengan mudah terjadi false alarm.

Setelah mengetahui kisaran harga instalasi Heat Detector beserta jenis yang bisa dipilih, sudahkan Anda memutuskan jenis manakah yang sesuai kebutuhan Anda?

By dzail