5 Manfaat Daun Pandan Yang Banyak Dicari.

manfaat daun pandan wangi

Manfaat Daun Pandan Yang Banyak Dicari – Pandan atau pandan wangi (Pandanus amaryllifolius) merupakan tanaman yang mempunyai ciri khas aroma harum pada daunya. Pandan umunya tanaman liar yang dapat tumbuh dimana saja, terutama di tempat-tempat yang sejuk.

Beberapa orang juga kerap menanam tanaman satu ini yang tentu saja untuk dimanfaatkan, baik sebagai penyedap ataupun obat tradisional. Yap, daun pandan wangi memang lebih sering dugunakan sebagai penambah aroma wangi pada masakan, serta warna daunya yang hijau pekat juga bisa menjadi salah satu pewarna makanan hiijau alami.

Di samping itu tanaman satu ini juga biasa direbus dan dikonsumsi sebagai ramuan herbal guna mengatasi beberapa masalah kesehatan. Nah, berikut beberapa manfaat daun pandan yang banyak di cari selain penyedap dan pewarna makanan.

1. Mengatasi sakit perut.

Manfaat pertama yang sering dicari dari tanaman satu ini ialah karena dapat mengatasi masalah sakit perut. Daun pandan diketahui mampu membunuh bakteri penyebab sakit perut yang terbawa masuk bersamaan dengan makanan.

Untuk itu jika kamu mempunyai masalah sakit perut, bisa menggunakan daun pandan sebagai cara alternatif untuk mengobatinya. Caranya cukup rebus daun pandan beberapa lebar lalu konsumsi air rebsuanya selagi hangat.

2. Mengatasi demam.

Manfaat kedua dari tanaman daun pandan yaitu bisa digunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan panas tubuh dan demam.

Cara satu ini telah dilakukan oleh para orang tua jaman dahulu untuk mengatasi demam pada anak-anak.

3. Meredakan Nyeri Rematik.

Kebanyakan orang jika mengalami rematik maka akan menggunakan obat salep untuk meredakan rasa sakitnya.

Namun jika kamu ingin cara yang lebih alami dapat menggunakan tanaman pandan dalam meredakan nyeri rematik. Cara mengolahnya cukup mudah yaitu beberapa lembar daun pandan yang dimasukkan ke dalam rebusan minyak kelapa juga bisa dioleskan di bagian yang sakit.

Artikel lainya : Manfaat buah kesemek untuk kesehatan

4. Menstabilkan tekanan Darah.

Daun pandan diklaim dapat menstabilkan tekanan darah menjadi lebih normal dan stabil loh, jadi jika kamu sedang mengalami sakit kepala akibat tekanan darah tinggi? Cobalah untuk merebus saja daun pandan hingga menyisakan airnya jadi sedikit, lalu di minum selagi hangat.

Kamu bisa mengonsumsi air rebusan daun pandan dalam menstabilkan tekanan darah secara alami

5. Meningkatkan nafsu makan.

Nah satu ini cocok untuk kamu yang mempunyai masalah terhadap nafsu makan.

Jika kamu ingin menambah berat badan kamu bisa mengkonsumsi air rebusan daun pandan loh, hal ini dikarenakan daun pandan mampu meningkatkan nafsu makan seseorang.

Itulah beberapa manfaat dari daun pandan untuk kesehatan. Gunakan daun pandan sewajarnya saja dan jangan terlalu berlebihan, dan ada baiknya untuk stop penggunaan jika masalah penyakit sudah hilang atau sembuh.

Source : healty99