6 Manfaat Utama Buah Kesemek

manfaat buah kesemek

Kesemek (Diospyros kaki) adalah tanaman penghasil buah yang sering di sebut dengan buah kesemek atau persimmon.

Buah kesemrk memiliki warna hijau saat masih muda dan menjadi orange saat matang, buah kesemek yang baru dipetik bagian kulit luarnya diselimuti seperti serbuk tepung.

Kesemek yang sudah matang memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan cukup sepat dilidah, namun buah satu ini cukup banyak di cari terutama para penikmat buah kesemek kering.

Diketahui buah persimmon memiliki banyak sekali nutrisi yang diantaranya Kalori, Lemak, Serat, Karbohidrat, Protein, Vitamin A, C, E, K, B6, Potasium, Copper serta Mangan.

Selain itu persimmon juga mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi.Berikut beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan diantaranya.

1. Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang sangat dibutuhkan oleg tubuh. Karenanya antioksidan berguna dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan sel, mecegah berbagai penyakit, menangkal radikal bebas serta masih banyak lagi manfaat dari antioksidan.

Untuk itu kamu bisa konsumsi buah satu ini sebagai asupan antioksidan yang baik.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat berikutnya dari buah kesemek ialah dapat menjaga kesehatan jantung kamu. Penyakit jantung merupakan salah satu dari beberapa penyakit yang paling ditakuti serta berbahaya.

Untuk itu kamu dapat menjaga kesehatan organ jantung dengan mengkonsumsi buah kesemek yang mengandung kaya akan nutrisi yang seimbang.

Selain itu kesemek juga mampu mengurangi kadar kolesterol LDL yaitu salah satu kolesterol pemicu penyakit jantung.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah kesemek dapat meningkatkan daya tahan tubuh loh. Hal ini didapati karena buah satu ini memiliki kandungan vitamin serta beberapa senyawa antioksidan.

Sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah satu ini kamu bisa mendapatkan khasiat berupa meningkatknya sistem pertahanan tubuh serta mampu melawan berbagai penyakit ringan.

4. Melancarkan Pencernaan

Buah persimmons diketahui kaya akan kandungan serta, yang mana hal ini baik untuk saluran pecernaan kamu, terutama dalam melindungi usus.

Serat yang terkandung pada buah persimmon mampu menjaga sistem pencernaan menjadi lebih sehat, mencegah sembelit, melancarkan feses serta mencegah berbagai penyakit pada saluran pencernaan..

5. Menurunkan Gula Darah

Manfaat dari buah kesemek berikutnya yaitu diklaim bisa menurunkan dan sekaligus mengontrol gula (glukosa) dalam darah.

Tentunya hal ini adalah kabar baik dan sangat berguna, terutama untuk dikonsumsi penderita diabetes.

6. Sumber Serat

Serat buah sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena tanpa adanya asupan serat yang cukup maka tubuh bisa mengalami beberapa masalah kesehatan.

Umunya serat bisa ditemukan pada beberapa makanan seperti buah dan sayur-sayuran hijau lainya.

Kamu juga bisa mengkonsumsi buah kesemek jika ingin mendapatkan asupan serat tambahan. Serat dapat berguna untuk menurunkan dan mencegah penyerapan kolesterol kedalam tubuh, mengatasi masalah sembelit, serta baik untuk penderita wasir.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah kesemek atau persimon yang pasti akan kamu dapatkan jika mengkonsumsinya. Sumber : healty99.com