Jika saat ini Anda tengah bingung untuk membuat surat undangan yang baik dan benar, sebaiknya langsung saja ke jasa print undangan atau percetakan terdekat. Biasanya mereka punya banyak sekali template khusus agar pelanggan tidak lagi bingung menentukan surat undangan.

Mengetahui Jenis Kertas di Jasa Print Undangan

Undangan sebetulnya tidak harus untuk momen pernikahan saja, ada banyak sekali acara yang membutuhkan adanya undangan tersebut. Untuk itu sebelum Anda memilih lebih baik perhatikan dengan seksama bahan yang digunakan. Apakah sudah sesuai dengan konteks acaranya.

  1. Jenis Kertas Jasmine

Jika acara terkesan semi formal namun bersifat hiburan seperti pernikahan atau ulang tahun, Anda bisa memakai jenis kertas jasmine saja, Teksturnya memiliki glitter yang cocok dipadukan dengan warna apapun. Teknik yang biasa dipakai adalah emboss dan deboss.

Namun ada satu kelemahan dari kertas jasmine, yakni tidak bisa menyerap tinta dengan maksimal. Jadi Anda tidak bisa mengkombinasikan tulisan dengan teknik tinta pada kertas jasmine. Jika memaksakan maka akan butuh waktu lama supaya benar-benar kering dan bisa timbul dengan baik. Walaupun begotu, tetap saja disarankan jangan pakai teknik tinta jika tidak mau kecewa di akhir.

  1. Kertas Art Paper

Jasa print biasanya juga menyediakan beragam jenis kertas yang nampak klasik, salah satunya adalah art paper. Bahan satu ini memang terkenal apik dan estetik sekali, jadi cocok dipakai untuk acara-acara nikahan memakai adat Jawa, acara sunatan anak, atau undangan lain sifatnya tidak formal.

Jenis art paper memiliki permukaan dengan tekstur glossy sehingga efeknya mengkilap dan terlihat licin. Biasanya banyak orang memakai kertas ini sebagai kalender juga, yang nantinya dibentuk kecil kemudian digantungkan atau dibentuk duduk. Tinggal sesuaikan dengan kreativitas masing-masing saja.

  1. Jenis Kertas Art Carton

Terakhir yang sekarang paling sering digunakan adalah jenis kertas art carton. Bahan satu ini memiliki ketebalan berbeda dengan lainnya. Sangat cocok bila dipakai untuk undangan pernikahan dikombinasikan tulisan estetik.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis kertas biasanya dipakai untuk undangan, namun ketiga tadi bisa dijadikan referensi saat ke jasa print undangan.

By doni