Trafik Organik dari Google dengan SEO Lokal

seo lokal untuk bisnis kecil

Trafik Organik dari Google dengan SEO Lokal

Bagi banyak bisnis kecil, salah satu perjuangan terbesar adalah mendapatkan lebih banyak prospek dan pelanggan, terutama pada tahap awal bisnis.

SEO lokal dapat menjadi solusi efektif untuk masalah itu: dengan peringkat tinggi di Google Maps, kita bisa mendapatkan lebih banyak lalu lintas, prospek, dan pada akhirnya, pengunjung.

Namun, bagaimana kita dapat menerapkannya secara efektif? Dalam panduan ini, kita akan mempelajari caranya, mulai dari mendaftarkan daftar Google Maps hingga mengoptimalkan daftar Anda.

Namun, pertama-tama mari kita mulai dengan membahas konsep SEO lokal.

Apa itu SEO Lokal?

Singkatnya, SEO lokal mengoptimalkan listingan bisnis Anda di Google Maps. Baru-baru ini, Google menerapkan perubahan besar pada halaman hasil pencarian Google Maps mereka: meskipun sebelumnya Google mencantumkan 7 hasil teratas di halaman pertama, sekarang hanya menampilkan 3.

Artinya, jika daftar Anda berada di luar hasil 3 teratas ini untuk industri dan lokasi spesifik Anda, Anda akan mendapatkan visibilitas yang jauh lebih sedikit.

Apakah SEO lokal berbeda dengan SEO B2B “tradisional” ?

Ya, dan inilah perbedaan utamanya:

Pertama, jelas SEO “tradisional” menargetkan mesin pencari Google sebagai lawan Google Maps untuk SEO lokal.

Meskipun SEO tradisional atau organik bergantung pada tautan balik atau tautan masuk, SEO lokal bergantung pada kutipan (kita akan membahasnya lebih lanjut di bawah)

SEO tradisional terutama tentang mengembangkan konten, sementara itu juga berlaku untuk SEO lokal, itu kurang lazim

Kesalahpahaman umum yang harus kita tangani pertama kali adalah bahwa SEO lokal bukan tentang menargetkan kata kunci lokal seperti “restoran, Jakarta” pada konten Anda. Ini adalah praktik umum di masa lalu, tetapi tidak lagi relevan saat ini.

Mengapa? Karena untuk kata kunci yang terkait dengan lokasi (coba cari “restoran di Jakarta” sekarang), hasil Google Maps akan berada di atas situs lain, biasanya diikuti dengan artikel daftar seperti “10 Restoran Terbaik di Jakarta”. Jadi, mengoptimalkan situs Anda untuk mendapatkan peringkat organik untuk kata kunci ini sangat sulit.

Singkatnya, SEO lokal mengoptimalkan listingan bisnis Anda di Google Maps. Baru-baru ini, Google menerapkan perubahan besar pada halaman hasil pencarian Google Maps mereka: meskipun sebelumnya Google mencantumkan 7 hasil teratas di halaman pertama, sekarang hanya menampilkan 3.

Mengapa SEO Lokal Penting?

Kita semua tahu betapa semakin banyak orang sekarang menggunakan perangkat seluler sebagai cara utama mereka untuk menelusuri dan menjelajahi internet.

Kami juga harus mempertimbangkan munculnya asisten rumah pintar dalam beberapa tahun terakhir dari Amazon Alexa ke Google hingga Apple HomeKit, di antara produk lainnya.

Dengan perangkat ini, kueri di dekat saya ”menjadi lebih umum , terutama saat kami menggunakan penelusuran suara. Jika Anda adalah bisnis fisik, tidak mengoptimalkan kueri ini berarti kehilangan pasar yang besar.

Dan Agency SEO mengetahui hal ini, itulah mengapa mereka menawarkan Jasa SEO Profesional untuk membantu UKM mendapatkan penjualan lebih banyak dari Google.

Selain itu, daftar Google Maps dapat secara efektif mendorong prospek untuk membeli dari merek Anda, dengan ulasan Google Maps menjadi bukti sosial yang sangat relevan saat ini.

Singkat cerita, jika Anda mendapat peringkat tinggi di Google Maps, lebih banyak orang akan mengetahui bisnis Anda dan lebih banyak orang akan mempercayai bisnis Anda. Pada gilirannya, ini akan menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke cantuman Anda dan lebih banyak pengunjung ke lokasi Anda yang sebenarnya.

Mari kita gunakan restoran fiksi, X Bistro sebagai contoh. Jika X Bistro bisa mendapatkan 3 tempat teratas untuk kueri “restoran di sekitar saya” ketika seseorang berada di dekat Toronto, kemungkinan besar orang ini akan mengklik daftar X Bistro. Jika review untuk listing X Bistro juga bagus, besar kemungkinan orang tersebut akan mengunjungi restoran kita.

Cara Memberi Peringkat di Google Maps

Ada dua faktor utama yang mendorong peringkat Anda di daftar Google Maps: kedekatan dan relevansi. Sebelum kami dapat mengoptimalkan daftar kami untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik, kami harus mempelajari dua faktor berbeda ini.

Kedekatan

Singkatnya, semakin dekat Anda ke lokasi pencari (atau lokasi yang ditentukan dalam permintaan pencarian), semakin baik peringkat Anda.

Relevansi

Jika X Bistro dianggap lebih relevan daripada Y Restaurant oleh Google, X Bistro akan berperingkat lebih tinggi. Namun, bagaimana Google menentukan relevansi? Ada tiga faktor utama: seberapa lengkap dan terbaru tempat Anda (termasuk foto), ulasan Anda, dan kutipan lokal Anda.

Untuk relevansi ini juga anda perhatikan dari sisi backlink, pastikan Jasa Backlink PBN yang digunakan benar-benar berkualitas. Tidak melanggar ketentuan Google.

Jadi, peringkat Google Maps didasarkan pada dua faktor ini. Jelas, kami tidak dapat mengoptimalkan kedekatan (kecuali jika Anda memiliki anggaran yang tidak terbatas dan dapat membangun lokasi di setiap inci planet ini), jadi fokus utama kami untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Google Maps adalah untuk mengoptimalkan relevansi daftar kami.

Untuk sisa panduan ini, kita akan mempelajari caranya dengan pendekatan langkah demi langkah.