Cara Mengurangi Silau Lampu Mobil Saat Mengemudi di Malam Hari

mengemudi malam hari

Cara Mengurangi Silau Lampu Mobil

Mengemudi di malam hari membutuhkan kewaspadaan ekstra. Kegelapan di sekitar mengharuskan pengemudi untuk berhati-hati dengan lingkungan sekitar, termasuk cara mengatasi silau dari lampu depan yang mendekat.

Cahaya malam dapat mengganggu penglihatan yang jelas sehingga menjadi kabur dan bahkan membahayakan pengemudi dari arah berlawanan.

Di satu sisi, lampu depan mobil yang terang bisa membantu menerangi jalan dan meningkatkan penglihatan malam. Namun, di sisi lain, bisa berbahaya jika terlalu terang. Dalam hal ini, sebelum bepergian pada malam hari, ada baiknya untuk mengecek kesiapan tidak hanya mobil Anda, tetapi juga diri Anda sendiri.

Soal kondisi mobil Anda, Anda harus memastikan bahwa kaca depan benar-benar bersih, luar dalam. Jika permukaan kaca kotor atau tergores, cahaya bisa pecah saat mengenai kaca depan dan menyebabkan silau pada mata Anda.

Untuk menghindari efek silau, sebaiknya Anda tidak melihat langsung ke arah lampu depan. Namun, jika mata Anda sudah terasa tidak nyaman karena cahaya di sekitarnya, lihat ke kanan dan perhatikan tepi putihnya.

Ini membantu Anda tetap di jalur. Saat penglihatan Anda mulai kembali normal, Anda bisa memfokuskan kembali pandangan Anda ke depan.

Penutup lensa lampu depan harus dalam kondisi bersih juga. Seringkali, pengemudi tidak menyadari bahwa dirinya kotor. Penutup lensa lampu depan yang bersih dapat membantu Anda sebagai pengemudi dan pengguna jalan raya lainnya, karena kotoran pada lampu depan dapat menyebabkan gangguan cahaya.

Jika anda suka dengan Daihatsu Sigra, biasanya ada fitur untuk ini. Jika tidak ada, coba tanyakan ke Sales Daihatsu Bali unutk mengkonfirmasinya.

Alihkan Pandangan Anda ke Dasbor

Anda dapat mengurangi cahaya dengan mengarahkan mata ke arah dasbor mobil untuk mengurangi silau.

Setelah melihat cahaya yang terlalu terang, mata Anda akan melakukan penyesuaian dari kegelapan jalan hingga ke dashboard .

Cobalah untuk menjaga pandangan Anda tetap bergerak, misalnya, periksa kaca spion, daripada hanya menjaga pada satu titik untuk mengurangi kelelahan mata.

Promo Daihatsu Medan, dapatkan potongan Harga untuk pembelian Mobil Sigra, kunjungi Dealer Daihatsu Medan sekarang juga.

Menjaga Kondisi Tubuh

Kelelahan juga memengaruhi penglihatan Anda, oleh karena itu, pastikan untuk beristirahat sejenak saat melakukan perjalanan jarak jauh untuk mencegah bahaya akibat cahaya yang menyilaukan. Mata yang cukup istirahat dapat menangani cahaya dengan lebih baik.

Itulah 4 cara mengatasi silau cahaya di malam hari. Berhati-hatilah saat mengemudi!