Resep Mudah Gurame Bakar Sambal Pedas, Resto Mewah pun Kalah

Ikan merupakan salah satu sumber protein dan vitamin yang baik untuk tubuh. Makanan berbahan ikan bisa menjadi makanan pilihan untuk kamu karena dapat menyehatkan tubuh. makanan berbahan ikan juga dapat kamu buat sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa cara masak berbagai olahan ikan.

  1. Ikan masak asam

Bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat ikan masak asam yaitu 500 gr filet ikan kakap merah atau ikan lain, , 1 batang serai yang digeprek dan dipotong-potong, 2 batang daun bawang yang diiris kurang lebih 3 cm, 5 lembar daun jeruk purut yang sudah dibuang tulangnya, 1 buah tomat besar yang sudah diiris 6 potong, cabe rawit utuh sesuai selera, 2 sdt gula pasir (optional), 2 buah jeruk nipis yang 1 buahnya dipakai untuk melumuri ikan, segenggam daun kemangi atau bisa diganti dengan daun basil, 1 lt air, 2 sdt garam atau sesuai selera, minyak untuk menumis. Untuk bumbu irisnya siapkan 8 buah bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 buah cabe merah besar yang dipotong menyerong.

Langkah yang pertama potong-potong filet ikan sesuai selera, lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sdt garam dan biarkan selama 15 menit. Siapkan semua bahan lain dan bumbu iris. Kemudian tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak sampai layu. Lalu tambahkan irisan cabe merah, cabe rawit utuh, jahe, serai dan daun jeruk purut. Aduk sampai bumbu benar-benar matang dan harum. Tambahkan 1 lt air masak sampai mendidih. Lalu kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ikan, masak sampai ikan berubah warna dan matang. Kemudian kamu tambahkan garam dan gula sesuai selera dan masukkan daun bawang dan tomat, masak sampai layu. Beri 2 sdm air jeruk nipis dan cicipi, kalau sudah rasanya sudah pas kamu bisa masukkan daun kemangi dan angkat ikan masak asamnya. Kemudian sajikan selagi panas.

  1. Gurame bakar

Siapkan ikan gurame, garam secukupnya, 1 buah air perasan jeruk nipis. Untuk bumbu halusnya kamu harus siapkan 3-4 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 4-6 buah cabai rawit, 8 buah cabai merah keriting, 1 ruas jahe, garam secukupnya, 1 cm kunyit dibakar, 3 butir kemiri disangrai, 100-150 ml minyak goreng untuk memblender bumbu halus. Kemudian untuk tambahan bumbu halus, kamu siapkan 1/4 sdt kaldu bubuk, 1/4 sdt merica bubuk, 1/2 sdt gula pasir, air jeruk nipis secukupnya, kecap manis secukupnya.

Cara membuaatnya, pertama kamu bersihkan ikan, lalu lumuri dengan garam dan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit kemudian cuci lagi dan ditiriskan. Kemudian setelah itu goreng setengah matang dengan teflon agar kulit luar ikan guramenya tetap bagus. Lalu campurkan bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng dan kaldu bubuk seperti merica, gula pasir, kecap manis, air jeruk nipi. Kemudian aduk rata dan cicipi, jika rasanya dirasa sudah cukup kamu bisa lumuri ikan gurame dengan campuran bumbu halus ke seluruh permukaan ikan sampai rata. Tambahkan sedikit margarine sesuai selera. Diamkan selama 30 menit supaya bumbu bisa lebih meresap. Dan yang terakhir bakar ikan gurame sampai matang. Setelah dirasa cukup matang, kamu bisa menyajikannya. Sajikan selagi hangat agar rasanya lebih nikmat.

 

By sartika