Berapa Lama Untuk Mengisi Baterai Mobil?

belajar mengemudi

Berapa Lama Untuk Mengisi Baterai Mobil?

Anda pergi ke mobil Anda di pagi hari untuk berangkat kerja dan melihat bahwa pintu Anda sedikit terbuka, yang berarti lampu kubah menyala sepanjang malam. Anda mencoba dengan gagah berani untuk menyalakan mobil, tetapi ketika Anda memutar kunci tidak ada yang terjadi – baterainya mati.

Jika Anda pernah mengalami ketakutan ini, Anda pasti tahu bahwa baterai perlu diisi ulang. Waktu pengisian daya bergantung pada banyak hal, termasuk berapa lama sejak baterai terisi penuh, ukuran baterai, kesehatan baterai secara keseluruhan dan sistem pengisian, serta jenis pengisi daya yang Anda miliki.

Terlepas dari itu, Anda memerlukan cara lain untuk berangkat kerja atau Anda hampir pasti akan terlambat.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Pengisian Kendaraan?

Kendaraan menggunakan sistem suku cadang yang cerdas untuk mempertahankan kemampuan start saat dikendarai secara teratur.

Baterai menahan cadangan energi yang memasok daya ledakan awal sehingga kendaraan dapat memulai.

Untuk mengisi kembali tenaga ini saat digunakan, alternator menggunakan sabuk bergerak yang dipasang pada poros engkol mesin yang disebut sabuk serpentine . Sabuk ini memutar katrol pada alternator untuk menghasilkan listrik. Tenaga ini juga digunakan untuk menyalakan kendaraan saat melaju dan menggunakan aksesoris seperti AC, radio, dan lampu depan.

Karena terlalu banyak listrik dapat membahayakan kendaraan dan baterai, pengatur tegangan mengontrol tegangan arus dan memastikan baterai tetap terisi penuh saat kendaraan berjalan.

Dasar Kelistrikan

Sangat membantu untuk memahami kata-kata relevan yang harus ditemukan di bagian baterai pada manual kendaraan Anda atau pada baterai atau pengisi daya yang mungkin ingin Anda beli.

Tegangan (“volt”) seperti tekanan air dalam pipa, sedangkan arus (“amp”) seperti laju aliran dan hambatan (“ohm”) seperti ukuran pipa. Daya listrik (“watt”) sama dengan tegangan dikalikan dengan arus, jadi jika Anda meningkatkan salah satu atau keduanya, watt meningkat.

Untuk Toyota, mungkin anda bisa konsultasi dengan Dealer Toyota Pekanbaru terdekat.

Mengapa Baterai Perlu Diisi?

Ada beberapa alasan mengapa baterai bisa terkuras, beberapa lebih mudah ditangani daripada yang lain.

1) Aksesoris Kiri

Dalam contoh di atas, kami secara tidak sengaja membiarkan lampu kubah menyala terlalu lama dan energi baterai yang menyalakannya habis, sehingga daya yang tersisa tidak cukup untuk menghidupkan mesin.

Aksesoris lain yang akan menguras baterai adalah AC, lampu depan, radio, dan port pengisian USB. Jika kendaraan dimatikan, sangat penting untuk membatasi jumlah penggunaannya agar kendaraan dapat dihidupkan kembali.

2) Alternator yang buruk

Karena alternator mengisi ulang baterai, jika tidak berfungsi dengan baik , baterai tidak akan mengisi daya sebagaimana mestinya saat sedang digerakkan.

3) Baterai Tua atau Rusak

Baterai harus dapat menampung muatan selama beberapa waktu. Setelah beberapa tahun, suku cadang akan aus dan tidak akan berfungsi dengan baik jika sama sekali. Korosi pada terminal atau hal lain yang dapat merusak bagian internal aki juga akan menurunkan efektifitas aki.

Untuk mendapatkan harga Toyota Pekanbaru silahkan kunjungi link tersebut

4) Kendaraan Belum Digunakan Dalam Beberapa Saat

Bahkan baterai yang sehat pun perlahan-lahan habis, jadi jika mobil tidak akan dikendarai selama lebih dari seminggu atau lebih, ada baiknya untuk mempertimbangkan mengisi daya saat berada di tempatnya untuk memastikan bahwa baterai cukup penuh saat Anda membutuhkannya. Beberapa kendaraan bisa duduk lebih lama dari yang lain.

Jenis Pengisi Daya

Ada beberapa jenis pengisi daya, jadi penting untuk memilih yang terbaik untuk situasi Anda. Karena arus listrik dapat dianggap sebagai laju aliran listrik, pengisi daya amp yang lebih tinggi akan mengisi kendaraan lebih cepat daripada pengisi daya amp yang lebih rendah.

Amp Lebih Rendah

Pengisi daya ini menyuplai ampere yang lebih rendah (2 amp atau 4 amp) sehingga perlu waktu satu atau dua hari untuk mengisi penuh kendaraan. Mereka biasanya memasok aliran daya berkelanjutan (dikenal sebagai pengisi daya linier).

Kecepatan aliran yang lebih rendah lebih baik untuk baterai dan dapat mengurangi kerusakan jika terhubung ke mobil terlalu lama setelah baterai terisi penuh.

Pengisi daya tetesan adalah bagian yang menggunakan ampli sangat rendah untuk menjaga baterai yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Ini mungkin merupakan pilihan yang baik untuk memelihara baterai RV atau sepeda motor saat kendaraan hanya digunakan dalam cuaca yang baik, misalnya. Mekanik dapat menggunakan pengisi daya tetesan untuk menjaga baterai saat mengerjakan kendaraan.

Pengisi daya tipuan tidak dimaksudkan untuk mengisi ulang baterai yang mati tetapi biasanya masih dapat melakukannya dalam 1 hingga 2 hari .

Amp yang lebih tinggi

Pengisi daya ampere tinggi, seperti 40 amp, biasanya mengisi kembali baterai yang habis dalam waktu kurang dari satu jam.

Pengisi daya linier yang lebih tinggi jarang digunakan untuk kendaraan karena sangat mudah untuk mengisi daya baterai secara berlebihan dan merusak komponen, tetapi mungkin berguna untuk mengisi daya sesuatu seperti kursi roda listrik dengan cepat. Jika baterai dibiarkan terisi setelah penuh, baterai dapat rusak karena terlalu panas.

Pengisi daya multi-tahap, juga dikenal sebagai pengisi daya pintar, menggunakan semburan daya alih-alih aliran berkelanjutan untuk mengisi ulang baterai. Ini paling aman dan terbaik untuk kesehatan baterai karena akan mati secara otomatis saat baterai sudah penuh.

10 amp adalah laju aliran umum untuk pengisi daya multi-tahap dan biasanya mengisi daya baterai setengah kosong dalam 2-7 jam .

Langsung Memulai

Jump starting menggunakan kejutan listrik eksternal untuk memberi kendaraan Anda dorongan yang dibutuhkan untuk menghidupkan kendaraan jika aki tidak dapat berfungsi. Ini bisa dilakukan melalui kabel jumper tradisional atau jump starter.

Starter lompat adalah baterai portabel yang berisi semua daya yang dibutuhkan untuk meningkatkan, jadi Anda tidak memerlukan kendaraan lain. Opsi ini adalah yang paling aman karena pemula lompatan modern hampir sangat mudah dan kabel tidak akan masuk ke terminal yang salah.

Kabel jumper dipasang ke baterai mati di satu ujung dan di ujung lainnya ke baterai kendaraan yang berfungsi. Sangat penting untuk memasang ini dengan benar sebelum menyalakan mobil yang berfungsi, seolah-olah ditempatkan pada terminal yang salah, seluruh sistem kelistrikan dapat rusak.

Melompati mobil akan membebani alternator, jadi jangan sering-sering melakukannya. Gunakan hanya untuk pulang atau ke mekanik untuk diperbaiki.

Jika kendaraan perlu sering melompat, mungkin perlu baterai baru atau komponen sistem pengisian daya lainnya. Demikian pula jika lompatan tidak berhasil meskipun dilakukan dengan benar, alternator atau bagian lain dapat rusak.