Solusi Berdasarkan Informasi, Kemudian Teknologi

edipurwanto-Banyak guru dan profesor mencari sentuhan ajaib teknologi untuk diterapkan ke dalam pengalaman kelas mereka. Mereka meninjau banyak judul perangkat lunak, membaca tentang teknologi terbaru dan terhebat, pergi ke konferensi, dan secara umum menjadi sangat terlibat dan asyik meneliti produk yang tersedia bagi mereka yang dapat mereka gunakan di kelas atau sekolah mereka. Beberapa perusahaan akan memberi tahu mereka bahwa ada solusi yang bagus untuk kebutuhan teknologi informasi mereka, yang melibatkan sistem yang kompleks dan biaya tinggi.

Terkadang, kontraktor atau konsultan dibawa untuk menyarankan solusi, biasanya menyarankan teknologi yang kebetulan dijual oleh organisasi mereka. Direktur TI sekolah membaca bagaimana pekerja teknologi informasi akan menjadi pekerja masa depan, dan bahwa tanpa jenis pembelajaran ini, pelajar mereka akan tergelincir dan tertinggal di belakang pekerja teknologi di bagian lain dunia. Saat kita berbicara, India bermaksud untuk memberikan lulusan AS kepada lulusan dengan gelar yang lebih tinggi yang dapat melakukan pekerjaan dengan biaya lebih rendah dan lebih cepat daripada rekan-rekan Amerika mereka.

Administrator melihat tanda-tanda ini dan menjadi khawatir bahwa mereka perlu menerapkan solusi serupa ke sekolah atau perguruan tinggi, untuk mempertahankan jumlah siswa atau meningkatkan nilai. Tapi apa solusi yang benar, pendekatan yang tepat untuk memanfaatkan teknologi di dalam kelas? Pendekatan yang benar harus diarahkan pada informasi, bukan teknologi. Sedikit penjelasan: Apa tujuan membawa teknologi ke dalam kelas? Apakah hanya dengan mengatakan “Kami menggunakan teknologi dari hari ke hari di lingkungan belajar kami”?

Apakah untuk memenuhi mandat sejumlah komputer atau perangkat keras tertentu per pelajar atau siswa? Hampir selalu, alasan ini tidak akan cukup untuk memberikan keterampilan teknologi informasi kepada siswa. Alasannya harus memberikan informasi kepada siswa dan guru, dengan menggunakan solusi teknologi informasi terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Teknologi berubah sangat cepat, tetapi informasi yang diberikannya tidak lekang oleh waktu. Solusi mana pun yang dipilih, itu harus membantu pembelajaran, tidak harus menjadi objek pembelajaran. Solusi teknologi harus menyediakan sarana pembelajaran bagi siswa, harus fleksibel, dan kuat, dan tidak mengganggu pembelajaran di kelas.

Untuk alasan yang sama, ketika memilih vendor, pelaksana, konsultan, atau kontraktor, mereka juga harus memahami fakta-fakta dasar ini, dan didorong untuk bekerja dengan sekolah atau lembaga pembelajaran agar cukup memenuhi tujuan untuk memungkinkan lingkungan belajar yang kaya. Solusi teknologi informasi terbaik adalah solusi yang memiliki penekanan pada informasi, dengan teknologi yang diarahkan untuk menyediakannya.