Pertanyaan dalam judul adalah pertanyaan yang sangat penting, dan saya pikir kita semua harus memikirkan pertanyaan ini dan mencari jawaban yang lengkap. Sebenarnya, kita hanya bertanya tentang kesehatan ketika kita memiliki masalah yang serius. Definisi resmi kesehatan diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia yang mendefinisikan kesehatan dalam arti yang lebih luas pada tahun 1946 sebagai “keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang lengkap dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan”. Untuk tahun 1946 itu bukanlah definisi yang buruk, tetapi mari kita hadapi itu, waktu telah berubah dan kehidupan telah berkembang sejak saat itu, jadi hari ini kita memiliki 2 aspek kesehatan baru untuk dipertimbangkan: kesehatan emosional dan kesehatan spiritual. Jika kita mundur selangkah dan mencoba melihat “gambaran besarnya” kita menyadari bahwa setiap aspek kesehatan mempengaruhi aspek lainnya, misalnya jika seseorang memiliki masalah emosional maka akan menimbulkan masalah fisik, spiritual, mental, dan sosial juga. , jadi sangat penting untuk menyelesaikan masalah saat kita pertama kali melihatnya meskipun kita tidak menganggap masalah emosional itu penting. Pada tahap awal, masalah emosional dapat diselesaikan hanya dengan berbicara dengan seorang teman, tetapi jika kita membiarkannya berkembang, hal itu membutuhkan bantuan profesional yang serius. Setelah contoh ini, saya pikir Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang setiap aspek kesehatan, jadi mari kita lihat apa artinya dan bagaimana kita dapat memperbaikinya.

Kesehatan fisik – hal pertama yang terlintas di benak saya ketika saya memikirkan kesehatan fisik yang sempurna adalah bayi – mereka adalah contoh terbaik karena mereka berlarian ke mana-mana dan menggunakan energi mereka sampai mereka tertidur. Jika kami dapat melakukan hal yang sama, saya yakin kami akan memiliki kesehatan fisik yang lebih baik. Definisi kesehatan fisik adalah bahwa itu adalah keadaan di mana semua organ berfungsi dengan baik 100% dari waktu, jadi untuk itu terjadi kita harus memberi tubuh kita nutrisi yang baik, olahraga yang baik dan istirahat yang cukup. Ini mungkin terdengar terlalu sederhana, tetapi seharusnya tidak lebih rumit dari ini.

Kesehatan mental – salah satu contoh yang baik untuk ini adalah penemu Thomas Alva Edison, dia mencoba dan gagal lebih dari seribu kali untuk menemukan bola lampu, tetapi dia cukup kuat secara mental untuk tidak menyerah, dan dia akhirnya berhasil. Kesehatan mental adalah keadaan sejahtera yang memungkinkan Anda mencapai potensi sejati Anda dan berkontribusi pada komunitas. Mungkin terlihat aneh bagi sebagian dari Anda, tetapi sebenarnya membantu orang lain adalah hal terhebat yang dapat kita lakukan dan itu membuat kita bahagia dan sehat, jadi untuk meningkatkan kesehatan mental Anda, mulailah dengan membantu orang-orang di sekitar Anda, saya dapat memberitahu Anda untuk yakin bahwa Anda akan merasa sangat baik dengan melakukannya.

Kesehatan emosional – bayangkan seorang gadis kecil pada malam Natal membuka hadiahnya, yang bagi saya adalah contoh kesehatan emosional yang baik, karena rasa syukur dan kebahagiaan adalah emosi yang paling sehat bagi kita. Saya pikir kesehatan emosional adalah tentang perasaan baik, bersyukur, bahagia dan tidak takut berbagi emosi ini dengan semua orang yang berinteraksi dengan kita. Cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan sosial kita adalah dengan melakukan latihan fisik dan mental yang biasa kita lakukan, misalnya jika Anda suka bermain tenis dan catur, lakukanlah sesering mungkin.

Kesehatan sosial – indikator terbaik untuk kesehatan sosial adalah kemampuan untuk berteman. Aspek sosial kesehatan sangat penting, karena kita adalah makhluk sosial dan terbukti secara ilmiah bahwa jika seseorang sakit dan orang yang dicintainya ada bersama mereka, mereka pulih lebih cepat daripada jika mereka sendirian. Tip tentang cara meningkatkan kesehatan sosial Anda adalah memahami fakta bahwa “menyenangkan menjadi penting, tetapi lebih penting menjadi baik”.

Kesehatan spiritual – adalah aspek kesehatan yang paling penting dari sudut pandang saya karena itu mempengaruhi semua aspek kesehatan kita dan seringkali diabaikan. Kita harus menjaga jiwa kita serta menjaga tubuh fisik kita dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan meditasi. Tolong jangan takut jika Anda tidak tahu apa itu meditasi atau bagaimana Anda bisa melakukannya, karena itu jauh lebih mudah dari yang Anda pikirkan, sebenarnya Anda tidak perlu melakukan apa-apa, hanya diam dan diam. Jika Anda dapat tetap diam dan diam selama 15 menit sehari dan secara bertahap meningkatkan interval ini menjadi satu jam sehari, itu akan memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan spiritual Anda dan juga pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sekarang saya yakin akan pertanyaan: Apa itu kesehatan? tidak lagi sulit bagi Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan coba tingkatkan setiap aspek kesehatan Anda sekarang setelah Anda tahu cara melakukannya.

 

Sumber: Info Riau