Tips Mengatur Porsi Makanan Pada Si Kecil

Tips Mengatur Porsi Makanan Pada Si Kecil

Makanan untuk Anak memang harus diperhatikan asupannya, karena selaku orang tua tidak bisa mengabaikan dan acuh terhadap hal tersebut. Porsi makan anak harus dikontrol, karena jika tidak akan berpengaruh pada berat badan. Hal ini penting untuk diperhitungkan, jika tidak akan berdampak pada tumbuh kembang dan kesehatannya.

Apalagi jika Anda mempunyai anak yang gemuk, dengan memberikan makanan yang sesuai dengan porsinya akan membantu untuk mengontrol berat badannya. Karena jika tidak diatur dan ditentukan, anak tidak ada takaran dan menghabiskan semuanya. Lantas, Bagaimana untuk dan mengelolah porsi makanan yang ideal?simak penjelasannya dibawah ini.

Mengatur Porsi Makan

1. Pembagian Pada Tempat Makan atau Piring

Mulai dari kecil Anda sudah harus membagi porsi makanan yang seimbang sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gizi dalam tumbuh kembangnya. Anda dapat memilih beberapa produk dan kualitas yang baik untuk kebutuhan dalam piringnya. Selaku orang tua Anda sudah harus memperhitungkannya dengan jelas.

Biasanya dari informasi dari para ahli, Anda dapat memberikan makanan yang sesuai dengan makanan yang mengandung karbohidrat, protein baik nabati dan hewani, beberapa jenis sayuran, dan buah-buahan setelah habis makan. Hal tersebut harus diatur dengan baik dan jelas.

2. Pilih Ukuran Wadah Makan Lebih Kecil

Salah satu cara untuk mengatur dan kontrolnya secara efektif adalah dengan memberikan wadah yang kecil dari ukuran biasanya. Karena terlihat lebih banyak, tetapi kandungan yang didapatkan sudah lengkap. Hal ini tepat untuk anak Anda yang memiliki berat badan berlebih dalam mengatur pola makannya.

Tidak hanya itu saja, Anda dapat memilih beberapa sendok dan garpu sesuai dengan kebutuhan si kecil, sehingga lebih mudah mereka dalam menyuap makanannya.

3. Beri Kebebasan

Maksudnya dalam hal ini, berikan anak Anda untuk memilih berbagai makanan yang dibutuhkannya, karena mereka mulai belajar dan memahami porsi yang dibutuhkan. Namun Anda bukan berarti lepas pandangan saja, Anda tetap harus memperhatikannya terkait beberapa hal yang diambil pada piringnya.

Karena Anda harus memperhatikan porsi yang diambil tidak terlalu banyak dan berlebihan, hal itulah kenapa Anda harus melihat dan tidak terlalu membiarkannya.

4. Hindari Makan Terlalu Cepat

Tidak ada salahnya untuk memberikan nasehat mengenai makan jangan terlalu lambat dan membuat semuanya sudah selesai, namun anak Anda tidak dapat mengikutinya. Hal tersebut kedepannya tidak baik juga untuk perkembangan anak Anda. Pengertian dalam hal ini, biarkan mereka menikmatinya dan jangan terlalu diburu.

Anda tinggal memantau dan memberikan perhatian saja ke mereka, biasanya anak akan melihat lingkungan sekitarnya. Jika teman makannya berhenti makan, maka otomatis akan berhenti juga untuk melanjutkan menikmati makannya. Namun, jika si kecil terlalu pelan dan fokus pada hal lain, Anda harus memberikan nasehat dan pengertian secara baik.

Itulah beberapa cara untuk mengatur pola makan anak Anda agar tetap mendapatkan pertumbuhan yang ideal dan kesehatan yang seimbang.