Nescafe 3 in 1: Mengenal Tentang Kopi

Nescafe 3 in 1: Mengenal Tentang Kopi

Tahukah Anda bahwa biji kopi bisa menghasilkan rasa yang luar biasa? Wajar jika banyak penggemar kopi yang tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia. Berawal dari buah yang dihasilkan tanaman kopi, biji kopi merupakan harta karun yang digandrungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Nescafe sendiri merupakan merek kopi yang sangat populer di mana salah satu produknya yang diminati yaitu Nescafe 3in1.

Bahkan, British Coffee Association menyatakan bahwa di Inggris saja, 95 juta cangkir kopi dikonsumsi setiap hari. Terlepas dari kecintaan akan kopi itu sendiri oleh masyarakat di seluruh dunia, mereka seringkali lupa bagaimana proses awal dari biji kopi yang mereka konsumsi, atau mengapa jenis biji kopi yang berbeda memberikan rasa yang berbeda pula.

Tentang Kopi

Kopi ditanam di lebih dari 50 negara / wilayah di “The Coffee Belt” di Afrika, Amerika Latin dan Asia. Negara-negara ini memiliki kombinasi yang tepat antara dataran tinggi, tanah, dan cuaca  Yang mengejutkan, biji kopi tersebut justru berasal dari buah tanaman kopi yang sering disebut sebagai “buah ceri”.

Buah ceri ini biasanya bisa dimakan seperti buah apapun, namun rasanya sangat berbeda dengan rasa kopi yang kita kenal. Selama proses pengolahan, buah ceri ini memiliki sedikit rasa manis-sangat berbeda dengan rasa akhir pada biji kopi.

Saat ini terdapat lebih dari 120 jenis tanaman kopi dengan keunikan dan rasa yang berbeda di setiap variannya. Sebagian besar kopi yang Anda minum berasal dari kopi Arabika, biji kopi Robusta atau kombinasi keduanya.

Jenis Biji Kopi

  1. Biji Kopi Arabika

Biji kopi arabika merupakan salah satu biji kopi terpopuler dan dianggap sebagai salah satu biji kopi pertama yang ditanam pada 1000 tahun sebelum masehi. Dikenal sebagai biji kopi dengan rasa yang kompleks, biji kopi arabika digandrungi oleh para penikmat kopi karena kehalusan dan rasa asamnya yang rendah.

Biji kopi arabika ada dua jenis yaitu Typica dan Bourbon. Typica, juga dikenal sebagai Sumatra dan Arabigo diyakini sebagai biji kopi pertama yang ditemukan. Varietas Bourbon dianggap sebagai mutasi alami dari varietas Typica yang memberikan rasa yang sedikit lebih manis dan seimbang. Inilah yang membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pecinta kopi.

  1. Biji Kopi Robusta

Biji kopi biasanya ditanam di negara Afrika dan Indonesia. Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi sehingga kopi Robusta memberikan rasa yang lebih kaya dan kuat dibandingkan kopi Arabika. Inilah mengapa biji kopi Robusta menjadi pilihan terbaik untuk mengolah espresso.Selain lapisan crema yang dimiliki oleh biji kopi Robusta, juga banyak digunakan pada kopi instan. Kopi Nescafe 3 in 1 juga menggunakan biji kopi robusta yang berkualitas.