Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

Jangan panik jika bayi kesanyangan anda tiba tiba sering rewel apalagi susah tidur bisa jadi dia sedang mengalami kembung pada bagian perut.

Kembung pada bayi adalah sebuah kondisi yang sangat biasa terjadi, karena pada proses pertumbuhanya di usia yang masih dibawah 4 bulan akan sangat rentan kemasukan gas atau udara berlebih.

Kondisi inilah yang membuat bayi mengalami kembung, kemudian sering menangis dengan alasan yang tidak jelas. Cara mengatasi bayi kembung memang dengan menggunakan cara cara alternatif dan sangat tidak dianjurkan dalam pemberian obat kecuali dengan resep dokter.

Mengatasi perut kembung pada bayi ini mudah sekali, anda coba lakukan pemijatan ringan pada bagian perut bayi dengan gerakan mengusah ke bagian bawah dari atas menggunakan minya telon misalkan.

Kemudian tambahkan juga metode mengatasi kembung dengan cara menekuk kedua kaki bayi secara bersamaan dengan perlahan dalam posisi bayi terlentang dengan tujuan membuang gas yang berlebih dengan cara memaksa bayi kentut.

Ini dalam kondisi normal biasa, namun ada juga beberapa kondisi lain yang bisa jadi menyebabkan bayi sering kembung bisa karena sesak nafas dan faktor lainya jika ini terus menerus terjadi kami sarankan anda ke dokter anak.

Secara umum ada beberapa penyebab utama bayi mengalami perut kembung ini.

Yang pertama adalah dari faktor makanan yang dimakan oleh bunda sendiri jika dalam masa full ASI maka jangan sampai mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas seperti kembang kol misalkan, kemudian bawang secukupnya saja sudah tidak masalah asalkan jangan berlebihan.

Selain itu beberapa dokter juga mengatakan ada kalanya disebabkan oleh pengaruh penggunaan dot yang salah.

Jika bayi anda dalam masa masa ASI menggunakan dot maka usahakan perhatikan jangan sampai dot dalam kondisi kosong.

Kalau kosong dan kondisi bayi terus mengisap sudah pasti yang di isap hanya udara dan ini potenis kembungnya sangat tinggi.

Untuk memastikan jika perut bayi adan sedang mengalami kembung bisa gunakan cara sederhana dalam mengeceknya mulai dari perubahan pada ukuran perut semakin membesar padahal sudah buang kotoran sampai dengan mendengarkan bunyinya ketika di ketuk memakai jari.

Kemudian coba anda ketuk perlahan menggunakan jari anda, kalau bunyinya kaya tong kosong maka isinya bisa jadi kebanyakan adalah udara.

Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan cara lain misalkan menepuk punggung bayi secara perlahan.

Kalau kembung pada bayi yang sudah MPASI maka sudah tentu dari sisi makanan tadi jangan sampai anda berikan kepada bayi anda seperti brokoli misalkan karena kandungan gasnya lumayan banyak.

Dan sebisa mungkin pada masa masa MPASI ini jangan sampai berikan bayi anda mengkonsumsi susu formula karena ini kurang baik efeknya tetap fokus berikan minuman utama bayi anda ASI selama 2 tahun.

Selain itu anda juga bisa lakukan cara lain, misalkan memposisikan bayi dalam keadaan berdiri, dengan memgangnya erat nanti bayi akan dengan sendirinya biasa loncat-loncat.

Kondisi bayi yang aktif ini juga sangat ampuh mengeluarkan kadar gas berlebih di dalam perutnya.