Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Dengan Cara Sederhana

Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Dengan Cara Sederhana

Karena sulit untuk melihat kulit kepala sendiri, sulit untuk menentukan jenis kulit kepala Anda. Namun perlu diketahui bahwa kulit kepala yang kering biasanya terasa kencang dan berhubungan dengan kulit yang terlihat bersisik dan gatal. Jika anda memiliki jenis kulit kepala tersebut maka berikut terdapat cara mengatasi kulit kepala kering untuk menyehatkan kembali kulit kepala.

Kulit Kepala Kering Ketombe

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit kepala yang mengelupas merupakan tanda kulit kepala kering. Pertama-tama, penyakit kulit yang disebut ketombe sama lazimnya dengan kulit kepala yang kering dan bisa membuat Anda tidak nyaman serta menghambat kepercayaan diri Anda. Kulit kepala kering disebabkan oleh kelembapan yang hilang terlalu banyak dan kulit menjadi kencang, yang mungkin disebabkan oleh faktor-faktor seperti cuaca dingin, dehidrasi, dan produk perawatan rambut.

Namun, ketombe tidak selalu menandakan kulit kepala kering. Ada banyak alasan munculnya serpihan putih yang tidak menyenangkan ini yang sebagian besar terkait dengan Malassezia, jamur mirip ragi yang tumbuh subur di area kulit kepala yang berminyak. Ketika fungsi pelindung alami kulit melemah, Malassezia akan memakan minyak berlebih dan menyebabkan iritasi. Hal ini menyebabkan peradangan pada sel-sel kulit, sehingga sel-sel tersebut akan rontok lebih cepat dari biasanya yang menyebabkan ketombe.

Mengatasi Kulit Kepala Kering

  1. Tetap terhidrasi

Langkah pertama dalam memulihkan kesehatan kulit kepala adalah dengan minum delapan gelas air sehari. Memang tampak sederhana namun seringkali banyak yang mengabaikan hal ini padahal bukan hanya bermanfaat bagi kulit kepala namun juga tubuh. Ingatlah untuk tetap menghidrasi tubuh baik itu di iklim yang sangat panas atau dingin yang mungkin terlalu keras untuk kulit kepala.

  1. Hindari menata rambut berlebihan

Alat penata rambut terdiri dari pengeriting, pelurus rambut, dan pengering rambut. Namun penggunaan alat penata rambut yang berlebihan dapat merusak dan mengeringkan kulit kepala. Gunakan pengering rambut yang tidak terlalu panas atau sebaiknya keringkan secara alami untuk membuat kulit kepala bernafas dan mempertahankan kelembapan. Untuk alat styling bisa menggunakan alat lainnya yang tidak membutuhkan pemanas agar tidak merusak rambut.

  1. Dapatkan shampo yang tepat

Penggunaan sampo yang salah akan menghilangkan semua sisa minyak di kulit kepala dan mempercepat munculnya ketidaknyamanan karena rasa gatal dan ketombe sehingga memperparah kulit kepala yang kering.

Bingung dalam memilih shampo yang tepat untuk anda? Anda bisa mengecek sampo formula khusus, seperti sampo CLEAR Deep Nourishing dengan minyak biji anggur yang dapat menutrisi 3 lapisan dalam kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala sehat dan membuat rambut terlihat lebih cantik dan juga sehat. Dengan cara mengatasi kulit kepala kering yang tepat, rambut yang sehat dan bersih tentu akan meningkatkan rasa percaya diri.