3 Teknik yang Digunakan Untuk Membuat Americano Coffee

3 Teknik yang Digunakan Untuk Membuat Americano Coffee

Americano coffee bisa lebih tepat disebut sebagai kopi espresso yang encer. Kopi ini cocok bagi mereka yang tidak suka kopi yang terlalu kental dan pahit. Kopi Amerika dapat diracik dengan berbagai macam alat baik itu manual maupun otomatis yang tentu akan berdampak pada hasil rasa kopi americano yang nikmat.

Tentang Americano Coffee

Kopi merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Sebagai minuman yang sering diminum di pagi hari sebelum beraktivitas, minum kopi juga dapat meningkatkan semangat dan membuat anda lebih aktif menjalani aktivitas sepanjang hari. Kandungan kafein yang terkandung dalam americano jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat pada dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Kopi disediakan sesuai selera para penikmat kopi apalagi setiap orang memiliki seleranya masing-masing. Untuk itulah, kopi hadir dalam bentuk berbagai campuran. Salah satu campuran kopi yang paling populer adalah kopi americano.

Americano dikatakan ditemukan saat Perang Dunia Kedua. Tentara Amerika yang bertempur di Eropa merasa bahwa espresso ala Eropa terlalu berat. Kemudian espresso dicampurkan dengan air agar rasanya sesuai dengan lidah orang Amerika yang tidak terlalu suka kopi yang terlalu pekat. Orang Eropa menyebut kopi ini sebagai amerciano. Sejak saat itu, americano mulai dikenal luas hingga ke berbagai penjuru dunia.

Teknik yang Biasa Digunakan untuk Membuat Kopi Americano

  1. Metode Filter

Secara umum ada banyak teknik yang bisa digunakan untuk membuat kopi americano. Metode pertama yang sering digunakan adalah metode filter. Cara ini adalah cara termudah untuk menyajikan kopi americano karena sangat efisien dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Caranya yaitu cukup meletakkan bubuk kopi di atas kertas saring di corong kopi kemudian tuang air panas di atasnya. Kopi direndam dalam air panas dengan cara memanaskan wadahnya. Kopi americano siap dicicipi.

  1. French Press

Cara lain untuk menyajikan kopi americano adalah dengan menggunakan alat bernama French Press. Cukup taruh bubuk kopi ke french press lalu tuang air panas. Saat menuangkan air dari teko, letakkan teko lebih tinggi dari French press. Dengan begitu, gelembung kopi lebih banyak muncul dan aroma kopi juga akan lebih harum.

Aduk perlahan dan biarkan kopi selama 4 menit. Kemudian tekan sebentar tutup french press sebelum menuangkan kopi ke dalam cangkir. Cara ini membuat rasa kopi lebih kaya dan berminyak. Banyak kedai kopi yang menggunakan teknik ini karena akan membuat rasa kopi lebih nikmat dan terasa.

  1. Mesin otomatis

Terdapat juga mesin otomatis yang akan memudahkan pembuatan americano coffee. Salah satu pilihan mesin pembuat kopi yang sangat populer datang dari Nescafe yaitu mesin Dolce Gusto. Mesin ini membuat kopi dengan menggunakan kapsul kopi. Nescafe Dolce Gusto hadir dengan berbagai varian kapsul kopi dengan rasa yang nikmat.